Kabarnegeri
Beranda Birokrasi Kabupaten Muaro Jambi Gubernur Jambi Resmikan Pondok Pesantren Sabilul Jannah Desa Gerunggung

Gubernur Jambi Resmikan Pondok Pesantren Sabilul Jannah Desa Gerunggung

MUARO JAMBI (KABARNEGERI.NET) – Gubernur Jambi, DR H AL Haris,S.Sos,MH, diwakilkan Staf Ahli Gubernur Jambi Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, H Husairi,SIP,ME meresmikan Pondok Pesantren Sabilul Jannah (Jalan Menuju Syurga) di Dusun Sei Macang, Desa Gerunggung, Kecamatan Sekernan, Kabupaten Muaro Jambi, Minggu (29/10/2023), didampingi oleh Pengasuh Pondok Pesantren Sabilul Jannah, Abah Kyai Ahmad Fauzi Al-Barbasy, Camat Sekernan, M Iqbal, SSTP,ME, Kepala Desa Gerunggung, Suwadi, serta Sekretaris Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Muaro Jambi, Kyai Zamroni Zakaria,S.Pd.I.

Serta kehadiran pemilik tanah H Muhammad beserta keluarga besarnya, sebagai pemberi Hibah atas tanah dan bangunan untuk pembangunan pondok pesantren sehingga dapat berdiri Pondok Pesantren Sabilul Jannah (Jalan Menuju Syurga) yang pertama kali di Desa Gerunggung ini. Yang mana keberadaan Pondok Pesantren Sabilul Jannah di Desa Gerunggung, Kecamatan Sekernan, sangat direspon antusias oleh seluruh warga dan tokoh masyarakat desa setempat atas telah beroperasinya pondok pesantren tersebut.

Acara peresmian Pondok Pesantren Sabilul Jannah (Jalan Menuju Syurga) dalam lingkup Yayasan Sabilul Jannah Jambi dibawah Pimpinan/Pengasuh Pondok Pesantren Sabilul Jannah, yakni Abah Kyai Ahmad Fauzi Al-Barbasy yang berlokasi di lingkungan RT 5, Dusun Sei Macang, Desa Gerunggung, Kecamatan Sekernan oleh Gubernur Jambi DR H Al Haris,S.Sos,MH, yang diwakilkan Staf Ahli Gubernur Jambi Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, H Husairi,SIP,ME tersebut. Juga sekaligus memperingati puncak Hari Santri Nasional (HSN) ke-IX yang jatuh pada 22 Oktober tahun ini, dengan slogan motto semangat “Jihad Santri, Jayakan Negeri”.

Dalam sambutannya Gubernur Jambi, DR H Al Haris,S.Sos,MH, yang dibacakan oleh H Husairi,SIP,ME turut mengucapkan selamat atas peresmian Pondok Pesantren Sabilul Jannah (Jalan Menuju Syurga) di Desa Gerunggung, Kecamatan Sekernan ini. Juga sekaligus Gubernur Jambi DR H Al Haris turut mengucapkan HSN yang ke-IX tahun 2023 dengan slogan motto semangat “Jihad Santri, Jayakan Negeri” dilaksanakan di dalam lingkungan Pondok Pesantren Sabilul Jannah bersama wali santri dan santriwan/santriwati, beserta para tokoh masyarakat dan segenap pimpinan aparatur dan perangkat Pemerintah Desa Gerunggung, tuo-tuo tengganai dan alim ulama Desa Grunggung, cerdik pandai serta warga di lingkungan RT 5 dan RT 6, Dusun Sei Macang, Desa Gerunggung, Kecamatan Sekernan yang hadir pada acara peresmian tersebut.

“Saya sangat mengapresiasi pembangunan Pondok Pesantren Sabilul Jannah (Jalan Menuju Syurga) di Desa Gerunggung, Kecamatan Sekernan ini, yang diresmikan hari Minggu, tanggal 29 Oktober 2023 ini. Dengan adanya pembangunan Pondok Pesantren Sabilul Jannah ini, ini mencerminkan adanya niat yang kuat dari Ketua Yayasan Sabilul Jannah Jambi (Abah Kyai Ahmad Fauzi Al-Barbasy) dan jajarannya. Untuk membekali anak-anak generasi penerus kita, dengan pendidikan ilmu pengetahuan agama yang lebih mendalam. Yang pada akhirnya, diharapkan memiliki budi pekerti, dan akhlak yang baik. Namun juga tidak ketinggalan dari segi ilmu pendidikan, ilmu pengetahuan dan teknologi,” jelasnya.

Lanjutnya Gubernur Jambi DR H Al Haris,S.Sos,MH, juga turut mengucapkan selamat atas pembangunan dan peresmian Pondok Pesantren Sabilul Jannah (Jalan Menuju Syurga) dibawah Pimpinan/Pengasuh Abah Kyai Ahmad Fauzi Al-Barbasy dan jajarannya, serta dukungan Camat Sekernan, M Iqbal, S.STP,ME. Kepala Desa Gerunggung, Suwadi, beserta perangkat Pemerintah Desa Gerunggung yang hadir, serta para tokoh masyarakat, tuo-tuo tengganai, alim ulama dan cerdik pandai, serta dukungan warga dan masyarakat sekitar lingkungan berdirinya Pondok Pesantren Sabilul Jannah (Jalan Menuju Syurga) di lingkungan RT 5 dan RT 6, Dusun Sei Macang, Desa Gerunggung, Kecamatan Sekernan ini.

“Selamat atas pembangunan, dan diresmikannya Pondok Pesantren Sabilul Jannah (Jalan Menuju Syurga) di Desa Gerunggung, Kecamatan Sekernan ini. Semoga, bisa segera dioperasionalkan dan digunakan. Setelah gedung pesantrennya selesai dibangun. Tantangan selanjutnya, adalah tata kelola pondok pesantren. Saya berharap agar pondok pesantren ini, memiliki manajemen/tata kelola yang benar-benar bagus. Baik dari sisi pembelajaran, maupun dari sisi pengasuhan, yang mendorong santri dan santriwati berkembang menjadi pribadi-pribadi yang cerdas, bermental tangguh, berakhlak baik, jujur, tekun dan gigih, serta berani,” demikian paparnya.

Kembali ditegaskan Gubernur Jambi Al Haris, bahwa pembangunan Pondok Pesantren Sabilul Jannah (Jalan Menuju Syurga), Desa Gerunggung, Kecamatan Sekernan ini, merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas SDM (Sumber Daya Manusia). Hal ini, kata Gubernur Al Haris, sejalan dengan salah satu misi dalam visi pembangunan Pemeritah Provinsi Jambi, yakni memantapkan kualitas SDM, dengan tujuan yaitu meningkatkan kualitas SDM yang terdidik, sehat, berbudaya, agamis dan berkesetaraan gender.

Sehubungan dengan puncak peringatan HSN Ke-IX Tahun 2023 dengan slogan motto semangat “Jihad Santri, Jayakan Negeri” yang berlangsung di dalam lingkungan Pondok Pesantren Sabilul Jannah (Jalan Menuju Syurga) di Desa Gerunggung ini, ungkap Gubernur Al Haris ikut mengucapkan selamat kepada seluruh santri/santriwati khususnya, dan masyarakat Provinsi Jambi umumnya.

“Peringatan Hari Santri Nasional tahun 2023 dengan slogan motto semangat “Jihad Santri, Jayakan Negeri” ini, bukan milik Santri semata. Tetapi milik semua komponen masyarakat di seluruh Indonesia. Untuk merenungi napak tilas perjuangan Santri dalam upaya menjaga martabat kemanusiaan untuk Kemerdekaan Indonesia. Saya berharap seluruh komponen masyarakat Provinsi Jambi, dapat menjadikan Jihadnya para Ulama, Kyai dan Santri demi kemerdekaan bangsa dan kemaslahatan agama, sebagai salah satu teladan tentang bagaimana menegakkan nilai-nilai agama dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” ungkapnya.

“Serta menjaga martabat kemanusiaan, menghormati dan menghargai kemanusiaan dengan segala hak dan kewajiban yang melekat padanya, adalah salah satu ajaran agama yang seringkali lalai kita pahami. Saya berharap, melalui Peringatan Hari Santri Nasional ini, kita akan selalu menjadikannya momentum untuk merenungi sejauh mana nilai-nilai agama yang kita anut, telah mampu kita amalkan dalam hubungan kita dengan sesama manusia, pada negeri, dan pada Bumi. Semoga Peringatan Hari Santri Nasional ini, tidak sebatas seremonial semata. Namun menjadi momentum untuk mengevaluasi diri, sejauhmana telah memberi manfaat bagi sesama sesuai dengan kapasitas masing-masing, berubah menjadi jauh lebih baik. Berupaya memberi dampak bagi sekitar, demi kemaslahatan bersama,” tuturnya.

Lebih lanjut Ketua Yayasan Sabilul Jannah Jambi sekaligus Pengasuh Pondok Pesantren Sabilul Jannah (Jalan Menuju Syurga), Abah Kyai Ahmad Fauzi Al-Barbasy mengungkapkan rasa terima kasihnya atas peresmian pondok pesantrennya oleh Gubernur Jambi DR H Al Haris,S.Sos,MH, yang diwakilkan oleh Staf Ahli Gubernur Jambi Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, H Husairi,SIP,ME, beserta rombongan.

Serta kehadiran Camat Sekernan, M Iqbal, SSTP,ME, dan Kepala Desa Gerunggung, Suwadi dan seluruh perangkat Pemerintah Desa Gerunggung serta para tokoh masyarakat setempat, kehadiran perwakilan pengurus PCNU Kabupaten Muaro Jambi, yaitu Sekretaris PCNU Kabupaten Muaro Jambi, Kyai Zamroni Zakaria,S.Pd.I dari daerah Sungai Bahar. Serta yang teristimewa kehadiran Keluarga Besar H Muhammad dan rombongan, sebagai pemberi Hibah atas tanah seluas satu hektar lebih berikut dengan bangunan asrama, kegiatan belajar dan mengajar santri di pondok pesantren yang digunakan untuk keperluan dan kepentingan pendidikan pendalaman ilmu keagamaan dan ilmu pengetahuan bagi santri/santriwati Pondok Pesantren Sabilul Jannah (Jalan Menuju Syurga) Desa Gerunggung kedepannya. (Afrizal)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan