Kabarnegeri
Beranda Budaya Festival Bulan Bahasa UPB IAIN Kerinci 2023 Usung Tema “Cultural Intellectualism in Addressing Social Issues”

Festival Bulan Bahasa UPB IAIN Kerinci 2023 Usung Tema “Cultural Intellectualism in Addressing Social Issues”

KERINCI (KABARNEGERI.NET) – Unit Pengembangan Bahasa (UPB) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci 2023 gelar Festival Bulan Bahasa dengan mengusung tema “Cultural Intellectualism in Addressing Social Issues” yang diadakan mulai dari tanggal 20 Oktober 2023 s/d 26 November 2023 mendatang di UPB Kampus I IAIN Kerinci Koto Lolo.

Kepala UPB IAIN Kerinci, Dr. Rodi Hartono, M.Pd menjelaskan bahwa Festival Bulan Bahasa tahun ini  menyelenggarakan beberapa lomba untuk tingkat SMA sederajat dan perguruan Tinggi yang ada di Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh. Sedangkan petunjuk dan penjelasan lomba dikirimkan ke sekolah masing-masing oleh tim Sosialisasi Lomba, Kegiatan kali ini merupakan Festival Bulan Bahasa yang ke-3 yang diselenggarakan oleh UPB IAIN Kerinci. Dengan menawarkan beberapa Topik pada tiap lomba, diantaranya:

  1. Alam dan Lingkungan.
  2. Hak Asasi Manusia dan Keadilan Sosial.
  3. Politik Santun dan Damai.
  4. Moderasi Beragama.
  5. Era Digital dan Masa Depan.
  6. Krisis Mental dan Kemanusiaan.

Bagi para peserta berhak untuk memilih salah satu topik yang diberikan pada setiap lomba yang diikutinya dengan cara mengirimkan video kepada panitia.

Pendidikan berbasis Budaya menjadi hal yang sangat penting bagi kehidupan masyarakat Indonesia karena kita memiliki beragam budaya dan Bahasa dari seluruh pelosok negeri Nusantara ini. Kita diharuskan untuk saling menghargai dan menghormati berbagai budaya dan etnis serta Bahasa yang berbeda dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan untuk mempersatukan setiap suku bangsa yang ada di Negara kita.

“Agar pendidikan tidak hanya mengutamakan kemampuan kognitif saja, namun juga mengembangkan kemampuan psikomotorik dan afektif. Salah satu kegiatan untuk menumbuhkan karakter dan memahami budaya lokal adalah kegiatan bercerita dan berpidato. Peserta didik tidak hanya didorong untuk berani dan percaya diri menyampaikan cerita, namun lebih jauh lagi diharapkan mampu memahami nilai-nilai kebaikan dan moral dalam cerita-cerita tersebut,” jelasnya.

Misalkan,dalam cerita tersebut pada akhirnya mampu diinternalisasi dalam kehidupan sehari-hari sebagai karakter dan  ciri khas bangsa Indonesia. 

“Hal tersebut menjadi pijakan bagi UPB IAIN Kerinci dalam menggagas lomba dengan mengangkat isu sosial bagi pengembangan intelektualitas budaya dalam kehidupan sehari-hari,” tutupnya.

Maila Sari, M.Pd., selaku Ketua Pelaksana Kegiatan Festival Bulan Bahasa ke-3 tahun 2023, menyampaikan bahwa sebanyak 25 sekolah, madrasah dan pesantren yang ada di Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh diundang untuk mengirim peserta lomba. Sampai tanggal 15 November 2023 jam 23.59 WIB lebih dari 107 peserta yang mengirim video kepada panitia. “Peserta lomba festival kali ini lebih banyak dari tahun sebelumnya, peserta sangat antusias,” tegasnya.

Puncak acara festival akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 25 November 2023 untuk pelaksanaan Grand Final dan pada Minggu, 26 November 2023 dilaksanakan pemberian hadiah kepada peserta pemenang lomba. (Burhan)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan