Kabarnegeri
Beranda Birokrasi Kota Jambi Pj. Wali Kota Jambi Buka Musrenbang RKPD Kota Jambi Tahun 2025

Pj. Wali Kota Jambi Buka Musrenbang RKPD Kota Jambi Tahun 2025

JAMBI (KABARNEGERI.NET) Mengangkat tema ‘Pemantapan Pembangunan dan Penguatan Ekonomi Berkelanjutan’, Penjabat (Pj) Wali Kota Jambi, Sri Purwaningsih membuka Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) RKPD kota Jambi tahun 2025, bertempat di SwissBel Hotel, Kota Jambi, Kamis (14/03/2024).

Dalam sambutannya, Pj. Wali Kota menyampaikan bahwa pelaksanaan Musrenbang tingkat Kota Jambi ini telah terlebih dahulu dilakukan di tingkat Kecamatan dan berjalan sesuai dengan tahapan-tahapan.

“Meski demikian, masih ada lagi proses lanjutan yang cukup krusial, yaitu tahapan penganggaran, yang nanti akan diawali dengan penyusunan Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara, serta penyusunan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah atau yang lebih dikenal dengan APBD,” kata Pj. Wali Kota.

“Mudah-mudahan apa yang telah disahkan nanti bisa menjadi pedoman dan menjadi acuan kerja bagi kepala daerah terpilih nanti, siapapun itu Wali Kota maupun Wakil Wali Kota ini harus digunakan dan kemudian tidak bisa keluar dari apa yang sudah direncanakan hari ini,” tambahnya.

Sementara itu, kepada awak media Pj. Wali Kota mengatakan, Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) Kota Jambi tahun 2025 mempunyai enam skala prioritas.

“Yang pertama ada Peningkatan kualitas infrastruktur Perkotaan yang Berkelanjutan, kedua ada Peningkatan Sumber Daya Manusia, ketiga ada Peningkatan Pemberdayaan Masyarakat, keempat ada Peningkatan Produktivitas Pengembangan Pariwisata dan UMKM, kelima ada Good Govermance, dan keenam Ketentraman Ketertiban umum,” ungkap Pj. Wali Kota.

Dari keenam prioritas tersebut, Pj. Wali Kota juga menjelaskan persoalan infrastruktur akan menjadi acuan, karena merupakan hal yang bisa langsung dirasakan oleh masyarakat.

“Dengan banyaknya permukiman yang bertambah, ini jadi fokus bagi Pemerintah Kota Jambi bagaimana mengatasi banjir, karena ini tetap menjadi prioritas bagi pemerintah. Tetapi alhamdulillah di 2024 kita sudah  menyiapkan satu kolam retensi dan Kementerian PU juga sudah melakukan normalisasi Sungai asam mudah-mudahan di 2025 nanti akan ada lagi tambahan untuk kolam-kolom retensi yang lainnya untuk mengatasi banjir,” jelas Pj. Wali Kota.

Di kesempatan ini, Pj. Wali Kota juga berpesan kepada seluruh perangkat pemerintahan untuk terus bekerja dan berkarya maksimal dalam melayani masyarakat.

“Saya mengimbau seluruh jajaran di lingkup pemerintah Kota Jambi untuk terus memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat, mengoptimalkan potensi dan kearifan lokal serta terus berkreasi dan berinovasi untuk mengoptimalkan hasil pembangunan dan pelayanan. Selanjutnya, saya juga mengingatkan  untuk selalu menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan. Saya sangat berharap jika masyarakat bisa bersama-sama melakukan pengolahan sampah secara mandiri, baik secara berkelompok maupun pribadi, serta tidak melakukan aktivitas yang dapat mencemari tanah, air, dan udara,” pungkas Pj. Wali Kota.

Di kesempatan yang sama, Kepala Bappeda Kota Jambi, Suhendri juga mengatakan tentang target-target pemerintah yang tetap mengacu pada program nasional, seperti penuntasan kemiskinan dan kemiskinan ekstrem, stunting, pengangguran, dan inflasi.

“Tetapi secara spasial Kota Jambi tentu ada juga isu khususnya, seperti soal banjir, kemacetan di beberapa ruas jalan. Dengan adanya permasalahan ini, tentunya perlu untuk menyusun strategi kebijakan dan mempersiapkan program untuk mengatasi persoalan itu secara kolaboratif dengan bekerja sama dengan OPD terkait, dan instansi vertikal lainnya dengan sinergi,” pungkas Kepala Bappeda.

Musrenbang RKPD tahun 2025 Kota Jambi ini turut dihadiri langsung oleh Direktur Jendral Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri RI, Ir. Restuardy Daud, M.Sc sebagai Narasumber, Kepala Bappeda Provinsi Jambi, Forkopimda Kota Jambi, Sekda Kota Jambi, para Staf Ahli Wali Kota Jambi, para Asisten Setda Kota Jambi, para Kepala OPD dan instansi vertikal Kota Jambi lainnya. (eco)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan