Kabarnegeri
Beranda Birokrasi Kota Jambi Sampaikan Terima Kasih Untuk Pasukan Orange, Pj. Wali Kota Jambi Targetkan Adipura Kencana

Sampaikan Terima Kasih Untuk Pasukan Orange, Pj. Wali Kota Jambi Targetkan Adipura Kencana

JAMBI (KABARNEGERI.NET) Belum puas dengan capaian penghargaan piala Adipura ke-7 yang baru diraih pada 05 Februari lalu, sekaligus mempertahankan capaian pada tahun 2023. Pemkot Jambi kembali menerbitkan inovasi baru sebagai salah satu senjata untuk mendapatkan piala Adipura Kencana di tahun 2025 mendatang.

“Inovasi tersebut tertuang pada Intruksi Wali Kota Nomor 05 Tahun 2024 yang mengatur tata cara pengelolaan sampah salah satunya melalui bank sampah. Nanti di masing-masing produsen sampah itu sudah harus mengelola sendiri bagaimana memilah-milah sampahnya karena sampah itu sebenarnya ada nilai ekonominya. Nanti akan kita masifkan, kita sosialisasikan supaya penanganan sampah ini mulai dari tingkat keluarga itu sudah bertanggung jawab,” kata Pj. Wali Kota Jambi Sri Purwaningsih saat menggelar silahturahmi bersama pasukan orange Pemkot Jambi atau yang lebih dikenal dengan petugas kebersihan yang dinaungi oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Jambi, bertempat di Lapangan Tenis Disdik Kota Jambi, Kamis (07/03/2024).

Anugerah Adipura merupakan penghargaan bergengsi di bidang lingkungan hidup yang diberikan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Republik Indonesia sebagai apresiasi pengakuan pemerintah pusat kepada pemerintah daerah atas komitmen dalam pengelolaan sampah berkelanjutan, hijau, dan berkonsep ramah lingkungan.

Adanya prestasi ini, Pj. Wali Kota mengutarakan terima kasihnya kepada semua petugas kebersihan Pemkot Jambi, dan juga atas kesadaran masyarakat tentunya mempermudah tugas pemerintah dalam menjaga Kota Jambi yang bersih.

“Selasa lalu, Pemerintah Kota Jambi berhasil mendapatkan penghargaan Adipura, dan hari ini saya mengumpulkan seluruh pasukan orange, pengawas, dan semua yang terkait dengan penanganan sampah di Kota Jambi untuk bersilaturahmi. Terima kasih pada semuanya yang sudah terlibat sehingga kita bisa mempertahankan anugerah tertinggi di bidang lingkungan hidup ini,” kata Pj. Wali Kota.

Selanjutnya, jelas Pj. Wali Kota, capaian yang ada saat ini harus terus ditingkatkan karena prestasi yang ada akan lebih maksimal jika bisa terus dipertahankan kedepannya.

“Saya minta kepada semuanya untuk terus meningkatkan kinerjanya supaya di tahun 2025 nanti untuk penilaian tahun 2024 ini, hasilnya bisa membawa Adipura Kencana, dimana syaratnya harus tiga kali berturut-turut setiap tahun tanpa putus mendapatkan penghargaan Adipura,” jelas Pj. Wali Kota.

Untuk mencapai hal tersebut, Pj. Wali Kota juga telah menyampaikan kepada dinas terkait untuk lebih memasifkan pemasangan spanduk peringatan di seluruh Tempat Pembuangan Sampah (TPS), terkait waktu pembuangan sampah, agar masyarakat lebih tertib.

“Saya minta seluruh TPS di kasih spanduk peringatan dan penjelasan waktu pembuangan sampah dari jam 06.00 malam sampai jam 06.00 pagi itu terus kita gaungkan supaya semuanya tertib,” sebut Pj. Wali Kota.

Sementara itu, demi mewujudkan apa yang telah tertuang dalam Intruksi Wali Kota Nomor 05 Tahun 2024  tersebut, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Jambi Ardi mengatakan nantinya seluruh OPD, Camat dan Lurah, hingga ke tingkat RT agar membentuk bank-bank sampah.

“Nantinya setiap OPD ini sesuai dengan ruang lingkup nya akan mengintruksikan para pihak terkait untuk membuat bank sampah di wilayahnya masing-masing sehingga dengan adanya pengelolaan sampah di tingkat sumber, kita berharap sampah yang ke TPA tinggal residu sampah atau sampah yang sudah tidak bisa diolah lagi,” ucap Kadis DLH.

“Kalau gerakan ini sudah berjalan secara masif, kedepan kita bisa fokus untuk TPS yang ada di wilayah perbatasan yang sampahnya dibawa dari masyarakat Kabupaten lain di sekeliling wilayah Kota Jambi. Ini juga strategi untuk mendapatkan Adipura Kencana, demi mewujudkan Zero Emision dan Zero Waste,” pungkas Kadis DLH. (eco)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan