Kabarnegeri
Beranda Birokrasi Kabupaten Muaro Jambi Pj. Bupati Muaro Jambi Buka Kegiatan Bimtek KHA Tahun 2024

Pj. Bupati Muaro Jambi Buka Kegiatan Bimtek KHA Tahun 2024

MUARO JAMBI (KABARNEGERI.NET) – Penjabat (Pj) Bupati Muaro Jambi, Bachyuni Deliansyah, SH, MH membuka kegiatan Bimtek (Bimbingan Teknis) Konveksi Hak Anak (KHA) Tahun 2024, bertempat di Hotel Luminor Kota Jambi, Senin (06/05/2024). Pj. Bupati Bachyuni didampingi Kepala OPD terkait membuka secara resmi kegiatan Bimtek KHA yang diikuti oleh unsur OPD terkait dalam lingkup Pemkab Muaro Jambi.

Dalam arahannya, Pj. Bupati Bachyuni mengatakan, dalam rangka pemenuhan hak anak dan terwujudnya Kabupaten Layak Anak (KLA), pemerintah harus memberikan ruang untuk mereka serta memberikan keselamatan, kesehatan, kenyamanan, fasilitas dan seterusnya, sehingga dapat menjadi anak-anak yang bisa tumbuh dan berkembang secara maksimal, serta terlindungi dari berbagai tindak kekerasan dan diskriminasi.

“Untuk itu, kita semua, masyarakat/orang tua secara berjenjang harus mampu bertanggung jawab bagaimana kita memberikan hak anak yang baik dan cukup dalam artian luas, hak untuk anak mendapatkan tempat yang layak, keamanan dan kenyamanan,” ujarnya.

Sehubungan dengan itu, banyak instrumen dan indikator yang harus dipenuhi dan dilaksanakan, maka diperlukan keseriusan dari semua Kepala OPD dan para Stakeholder lainnya, dan salah satu indikator/strateginya adalah dibutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) aparatur pemerintah dan non pemerintah yang dituntut memiliki pengetahuan dan wawasan yang luas tentang persoalan masalah anak.

“Ada empat prinsip umum yang terkandung dalam KHA, yaitu non diskriminasi yang terbaik untuk anak, hak hidup, kelangsungan hidup dan perkembangannya, serta penghargaan terhadap pendapat anak yang harus terpenuhi,” ungkapnya.

“Kita yakin dengan SDM yang handal dapat menghadapi zaman yang berat ini. Untuk itu, pemenuhan hak terhadap anak harus diberikan yang terbaik. Dengan dilaksanakannya kegiatan ini menjadi acuan bagi SKPD dan sektor lainnya. Pelaksanaan Bimtek KHA ini adalah salah satu wujud keseriusan Pemkab dalam rangka pemenuhan hak anak,” pungkas Pj. Bupati Bachyuni. (*)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan