Kabarnegeri
Beranda Birokrasi Kota Jambi Hari Jadi Ke-105, Sri Purwaningsih Harap Disdamkar dan Penyelamatan Tingkatkan Kinerja

Hari Jadi Ke-105, Sri Purwaningsih Harap Disdamkar dan Penyelamatan Tingkatkan Kinerja

JAMBI (KABARNEGERI.NET) Dihadiri para Forkopimda Kota Jambi dan pejabat di lingkungan jajaran Pemkot Jambi, Penjabat (Pj) Wali Kota Jambi, Sri Purwaningsih menghadiri upacara dalam rangka memperingati Hari Jadi Dinas Pemadam Kebakaran (Disdamkar) dan Penyelamatan yang ke-105, bertempat di Lapangan Upacara Disdamkar Kota Jambi, Senin (10/06/2024).

Dalam amanat dan arahannya, Sri menyampaikan bahwa hari jadi yang ke-105 ini merupakan momentum bagi Disdamkar untuk lebih meningkatkan kinerja, dan tak kalah penting sosialisi ke masyarakat merupakan tugas saat ini.

“Di usia yang tidak muda lagi, kami Pemkot Jambi khususnya memprioritaskan Dinas Kebakaran dan Penyelamatan untuk terus bersosialisasi kepada masyarakat, agar mereka tahu apa saja tugas dan fungsi Disdamkar itu. Walau hingga saat ini kinerja Disdamkar sudah baik, kita inginkan lagi peningkatan secara terus-menerus sehingga bisa mencapai yang maksimal,” kata Pj. Wali Kota Jambi.

Menyajikan beberapa penampilan dalam melakukan pemadaman dan penyelamatan, di hari jadi ke-105 ini, Sri juga berharap agar kedepan sosialisi yang maksimal bisa diterapkan, sehingga saat terjadinya musibah bisa cepat teratasi.

“Kita sama-sama tahu profesionalitas dari tim Damkar ini, mulai dari melakukan pemadaman maupun penyelamatan, itu hanya memerlukan waktu 13 sampai 16 menit, ini sudah luar biasa dapat men-cover wilayah Kota Jambi dengan sumber daya yang ada. Semoga kedepan dengan adanya upaya yang lebih maksimal, masyarakat bisa merasakan kehadiran Disdamkar Kota Jambi saat memerlukan bantuan, sesuai tugas dan fungsinya,” pungkas Sri.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Jambi, Mustari menyebutkan bahwa kegiatan hari jadi yang seharusnya dilaksanakan pada setiap bulan Maret ini, baru terlaksana saat ini karena adanya beberapa kegiatan Pemkot Jambi, salah satunya persiapan HUT Pemkot Jambi dan Hari Jadi Tanah Pilih Pusako Batuah.

Menanggapi apa yang dikatakan Pj. Wali Kota Jambi, Mustari mengatakan akan terus memaksimalkan sosialisasi kepada masyarakat, baik melalui media maupun spanduk yang dapat dilihat langsung.

“Sosialisasi akan terus kita optimalkan, walaupun saat ini akses layanan Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Jambi sudah cukup dikenal masyarakat. Layanan kita saat ini bisa diakses melalui nomor 08117113113 maupun layanan call center 112. Jadi masyarakat tidak perlu panik jika ada terjadi musibah, cepat hubungi dan tim kami segera datang ke lokasi,” ucap Mustari.

Tidak hanya itu, di kesempatan ini, Mustari juga menyebutkan adanya penurunan yang signifikan saat ini dalam musibah kebakaran di Kota Jambi tahun ini.

“Tahun ini triwulan satu tercatat jumlah musibah kebakaran hanya 18 kasus, berbeda dengan 2023 lalu mencapai 123 kasus. Ini merupakan tingkat kesadaran dan pencegahan dari masyarakat yang sudah tumbuh dengan kehati-hatian,” sebut Mustari.

Dirinya juga menjelaskan, dengan adanya SDM kedepan Damkar dan Penyelamatan akan terus dioptimalkan dapat hadir di setiap wilayah kecamatan. “Ini kita targetkan karena akan meminimalisir waktu tempuh bila ada musibah, baik kebakaran maupun kebutuhan penyelamatan,” pungkas Mustari. (eco)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan