Kabarnegeri
Beranda Ekonomi Kades Sungai Gelam Apresiasi Pemberdayaan Ibu-ibu UMKM oleh Mahasiswa Fakultas Kedokteran UNJA

Kades Sungai Gelam Apresiasi Pemberdayaan Ibu-ibu UMKM oleh Mahasiswa Fakultas Kedokteran UNJA

MUARO JAMBI (KABARNEGERI.NET) – Tak dipungkiri bahwa keterlibatan aktif mahasiswa/mahasiswi dari perguruan tinggi negeri Universitas Jambi (UNJA) dalam upaya mendorong kemajuan desa di daerah-daerah dalam wilayah Provinsi Jambi selama ini, diakui langsung oleh Kepala Desa Sungai Gelam, Datuk Agustiar terkait kunjungan 34 orang rombongan mahasiswa/mahasiswi dari Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan khususnya Program Studi (Prodi) Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UNJA di Desa Sungai Gelam, Kecamatan Sungai Gelam beberapa waktu lalu.

Dikatakan Datuk Agustiar, dia beserta Pemerintah Desa Sungai Gelam dan seluruh masyarakat Desa Sungai Gelam sangat menyambut positif terkait kunjungan rombongan mahasiswa/mahasiswa Prodi Ilmu Kesehatan Masyarakat dari Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UNJA dipimpin Fadhil Abdullah Basuki. Turut didampingi oleh mahasiswi seniornya dari prodi yang sama, yakni Rhena Leony Purba ke Desa Sungai Gelam. Dalam rangka pengabdian kepada masyarakat, melalui upaya pemberdayaan kepada masyarakat UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) di Desa Sungai Gelam, 2-6 Juni 2024 lalu.

“Rombongan adek-adek dari mahasiswa Universitas Jambi (UNJA) dari Prodi Ilmu Kesehatan Masyarakat dari Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UNJA. Yang dipimpin oleh Fadhil Abdullah Basuki, didampingi juga oleh salah seorang mahasiswi yang menjadi pengawas sekaligus pendamping dari rombongan UNJA tersebut, yaitu Rhena Leony Purba ke Desa Sungai Gelam. Yakni kunjungannya tersebut, adalah dalam rangka bentuk pengabdian kepada masyarakat oleh UNJA. Kegiatannya itu, untuk melakukan pemberdayaan kepada masyarakat dan kelompok UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) yang ada di Desa Sungai Gelam ini. Salah satunya, yakni melaksanakan pemberdayaan masyarakat kepada kelompok ibu-ibu UMKM pimpinan Bu Pitri Apriani sebagai Ketua UMKM Sumber Rasa, di wilayah RT 33, Desa Sungai Gelam,” demikian paparnya.

Hal senada juga diungkapkan ketua rombongan, Fadhil Abdullah Basuki, ia menjelaskan bahwa pelaksanaan pemberdayaan kepada kelompok ibu-ibu UMKM di Desa Sungai Gelam yakni Kelompok UMKM Sumber Rasa pimpinan Pitri Apriani di RT 33, Desa Sungai Gelam. Merupakan kegiatan mata kuliah yang wajib dilaksanakan seluruh mahasiswa/mahasiswi Kelas 4B dari Prodi Ilmu Kesehatan Masyarakat dari Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UNJA. Salah satunya, wajib melakukan kunjungan ke lapangan bertatap muka menemui masyarakat UMKM dan warga desa setempat.

“Kunjungan kami ke Desa Sungai Gelam ini, adalah untuk memenuhi mata kuliah dalam pembelajaran isi kuliah kita, yakni Produk Pemberdayaan KAT (Komunitas Adat Terpencil). Dalam rangka memenuhi kewajiban dari kampus, untuk mahasiswa Prodi Ilmu Kesehatan Masyarakat dari Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UNJA. Yakni melaksanakan pemberdayaan kepada masyarakat desa. Yakni melalui upaya kita untuk melaksanakan pemberdayaan ekonomi rakyat melalui pemberdayaan masyarakat UMKM kepada kelompok ibu-ibu UMKM yang ada di Desa Sungai Gelam dari kelompok UMKM Sumber Rasa pimpinan Pitri Apriani di wilayah RT 33 yang dilaksanakan selama lima hari 2-6 Juni 2024 lalu,” jelasnya beluim lama ini.

Ditambahkan secara terpisah, Ketua UMKM Sumber Rasa, RT 33 Desa Sungai Gelam, Pitri Apriani menyebutkan 20-an orang lebih, yakni ibu-ibu dari kelompok UMKM di Desa Sungai Gelam telah resmi bergabung menjadi anggota Kelompok UMKM Sumber Rasa sampai sekarang.

Pitri Apriani, juga pelaku UMKM jenis usaha keripik tempe dan Rengginang terkenal dengan nama merek |”Dzakiyya” di Desa Sungai Gelam ini. Ia mengaku kunjungan mahasiswa/mahasiswi dari Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UNJA Prodi Ilmu Kesehatan Masyarakat sangat membantu sekali bagi upaya peningkatan wawasan dan kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) ibu-ibu UMKM Sumber Rasa kedepannya. Terutama kemampuan usaha yang dikelola ibu-ibu kelompok UMKM, sekaligus mampu meningkatkan hasil usaha serta peningkatan produktifitas perkembangan usahanya.

“Untuk diketahui bahwa Kelompok ibu-ibu UMKM Sumber Rasa, yang ada di wilayah RT 33, Desa Sungai Gelam. Anggota UMKM kita saat ini, sudah mencapai 20-an orang lebih dan sudah memiliki UMKM. Umumnya anggota UMKM Sumber Rasa. Kelompok ibu-ibu UMKM kita ini, adalah ibu-ibu yang sudah memiliki usaha kecil sampai sekarang. Baik itu usaha di bidang Kriya atau kerajinan, dan usaha Kuliner,” ungkapnya.

UMKM jenis kerajinan (Kriya) dikelola oleh ibu-ibu kelompok UMKM Desa Sungai Gelam selama ini, meliputi usaha jahit-menjahit (penjahit), usaha buket bunga dan piring lidi. Sedangkan UMKM untuk jenis kuliner yang dikelola ibu-ibu dari Kelompok UMKM Sumber Rasa, antara lain usaha keripik tempe, Rengginang, kue Semprong, Pangsit dan kue-kue basah. (Afrizal)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan