Kabarnegeri
Beranda Birokrasi Kabupaten Muaro Jambi SMPN 8 Muaro Jambi Lakukan Penjaringan Minat, Bakat dan Visi Siswa Baru Guna Meraih Prestasi Sekolah

SMPN 8 Muaro Jambi Lakukan Penjaringan Minat, Bakat dan Visi Siswa Baru Guna Meraih Prestasi Sekolah

MUARO JAMBI (KABARNEGERI.NET) – Dalam upaya untuk mengetahui sejauhmana tentang bakat, minat dan visi siswa/siswi baru di lingkungan SMP Negeri 8 Muaro Jambi yang dimulai sejak tahun ajaran baru, yakni Tahun Pelajaran 2024-2025 ini. Pihak sekolah melakukan penjaringan dan pendataan kepada semua siswa/siswi baru SMP Negeri 8 Muaro Jambi selama tiga tahun kedepannya guna menelusuri tentang minat dan bakat siswa/siswi sekaligus visi yang dimiliki oleh seluruh siswa/siswi baru di sekolah tersebut.

Kepala SMP Negeri 8 Muaro Jambi, Saiful Asngari, S.Ag, M.Pd, mengungkapkan awal Tahun Pelajaran 2024-2025 ini, pihak sekolah sudah membentuk panitia penerimaan PPDB (Pendaftaran Peserta Didik Baru) 2024 guna melakukan penjaringan minat, bakat dan visi seluruh siswa/siswi baru yang berhasil lulus tes masuk seleksi ke lingkungan SMP Negeri 8 Muaro Jambi tahun ini.

“Pihak Sekolah, melalui SK (Surat Keputusan) yang dikeluarkan Kepala Sekolah SMP Negeri 8 Muaro Jambi (Saiful Asngari) tahun 2024 ini, sekolah sudah membentuk Panitia PPDB 2024, dan Panitia Penerimaan PPDB Tahun Pelajaran 2024-2025 ini, yang tugas cakupan didalamnya sudah termasuk penjaringan minat, bakat dan visi seluruh siswa dan siswi tahun ajaran baru di lingkungan SMP Negeri 8 Muaro Jambi untuk tiga tahun kedepan, dimulai sejak kelas 7, kelas 8, dan kelas 9,” jelasnya.

“Adapun tim penjaringan oleh Panitia Penerimaan PPDB 2024 tersebut, gunanya untuk mengetahui jati diri seluruh siswa/siswi baru bersangkutan, melalui hasil tes oleh Tim Penjaringan dan Penerimaan PPDB 2024-2025 ini. Sehingga pihak sekolah pun dapat mengetahui lebih jelas soal jati diri siswa/siswi bersangkutan, yang dalam kaitannya soal penelusuran minat dan bakatnya, dan juga soal visi yang mesti dilakukan oleh siswa/siswi baru tersebut, selama mereka ini menjadi murid di lingkungan SMP Negeri 8 Muaro Jambi untuk selama tiga tahun kedepan, yang dimulai sejak kelas 7, kelas 8, dan kelas 9,” paparnya.

SMP Negeri 8 Muaro Jambi, berlokasi di Jalan Raya Kasang Pudak, Desa Kasang Pudak, Kecamatan Kumpeh Ulu ini, sudah terakreditasi A. Bahkan sekolah tersebut, merupakan Sekolah Rujukan Nasional dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia sejak 2018 sampai sekarang.

“Selama dua tahun terakhir ini, sekolah kita, SMP Negeri 8 Muaro Jambi. Sudah memperoleh dua kali apresiasi, dan penghargaan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia. Masing-masing, yakni pada tahun 2023 yang lalu, SMP Negeri 8 Muaro Jambi berhasil memperoleh apresiasi dan penghargaan sebagai Sekolah Berkemajuan Terbaik. Sementara pada tahun 2024 ini, SMP Negeri 8 Muaro Jambi kembali memperoleh apresiasi dan penghargaan sebagai Sekolah Kinerja Berprestasi,” ungkapnya.

Disinggung kembali soal penjaringan minat, bakat dan visi kepada peserta didik baru terkait kompetensi yang dimiliki seluruh murid baru di lingkungan SMP Negeri 8 Muaro Jambi Tahun Pelajaran 2024-2025, tambahnya, seluruh anak didiknya dapat dikelompokkan berdasarkan kompetensi yang dimilikinya masing-masing. Sehingga mereka dapat dimasukkan ke dalam kelompok prestasi Akademik yang diperoleh selama dalam proses pembelajaran, dan kelompok prestasi di bidang non-Akademik (ekstrakurikuler) untuk meraih sebanyak-banyaknya prestasi siswa/siswi SMP Negeri 8 Muaro Jambi kedepannya.

“Sangat banyak sekali, pilihan-pilihan yang diminati oleh siswa/siswi di sekolah SMP Negeri 8 Muaro Jambi, khususnya kompetensi di bidang prestasi non-Akademik atau kegiatan ekstrakurikuler yang diselenggarakan oleh sekolah. Diantaranya, yakni drumband, pramuka, hadrah (seni hadrah), melukis (seni lukis). Serta pembinaan kepada para atlet cabang olahraga (cabor) yang paling menonjol dan memang merupakan atlet andalan daerah Kabupaten Muaro Jambi saat ini, seperti atlet cabor renang, atlet cabor pendak silat dan karate. Kemudian perhatian sekolah terhadap kompetensi siswa dalam bidang prestasi Akademik, yakni sekolah kita memiliki komitmen untuk peningkatan prestasi akademik kepada siswa/siswi sekolah kita sampai saat ini, melalui program pembinaan bagi siswa/siswi yang memiliki prestasi belajar, minat dan bakatnya di bidang Sains, Matematika dan IPA atau bidang prestasi akademik lainnya,” jelasnya.

“Yang mana kesemuanya itu, terkait dengan kegiatan di sekolah ini, termasuk pembinaan kepada siswa dan siswi baru tersebut pada Tahun Pelajaran 2024-2025 ini. Yang memang diperuntukkan untuk seleksi tes masuk prestasi siswa ke dalam seleksi lomba-lomba sekolah yang diselenggarakan secara berjenjang oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pemerintah Kabupaten Muaro Jambi. Mulai perlombaan yang diselenggarakan di tingkat kecamatan, kabupaten bahkan sampai ke tingkat provinsi dan nasional. Seperti O2SN (Olimpiade Olahraga Siswa Nasional), OSN (Olimpiade Sains Nasional) dan FL2SN (Festival Lomba Seni Siswa Nasional), sebagai ajang mencari bibit-bibit muda sekolah berprestasi tingkat SMP sederajat,” tuturnya. (Afrizal)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan