Kabarnegeri
Beranda Pendidikan Gubernur Al Haris Motivasi 54 Calon Paskibraka Provinsi Jambi

Gubernur Al Haris Motivasi 54 Calon Paskibraka Provinsi Jambi

JAMBI (KABARNEGERI.NET) – Gubernur Jambi, Dr. H. Al Haris, S.Sos, MH memberikan motivasi 54 orang calon peserta Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Provinsi Jambi. Motivasi tersebut disampaikan Gubernur pada Pembukaan Pembinaan dan Pemusatan Pelatihan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Tingkat Provinsi Jambi Tahun 2024, bertempat di Shang Ratu Hotel Jambi, Jum’at (02/08/2024) malam.

“Saya yakin dan percaya bahwa anak-anakku sekalian, 54 (lima puluh empat) orang peserta Paskibraka ini, merupakan siswa dan siswi terbaik dari kabupaten dan kota se-Provinsi Jambi, yang telah memenuhi kriteria dan persyaratan untuk mengikuti Pembinaan dan Pemusatan Pelatihan Paskibraka Tingkat Provinsi Jambi Tahun 2024,” ujar Gubernur Al Haris.

“Anak-anakku semua, ikutilah seluruh rangkaian proses pembinaan dan pelatihan ini dengan sungguh-sungguh, tampilkan seluruh kemampuan terbaik. Kemudian, kegiatan Paskibraka yang dilaksanakan setiap tahunnya janganlah dijadikan sebagai kegiatan rutinitas belaka, namun harus ada upaya peningkatan kualitas secara terus-menerus, mulai dari persiapan, proses seleksi, pelatihan, dan pelaksanaan kegiatan di lapangan. Untuk itu, perlu kerja keras dan semangat kebersamaan dari seluruh pihak yang terlibat, dari adik-adik Paskibraka, panitia, pembina, dan pelatih,” lanjut Gubernur Al Haris.

Dalam sambutan dan arahannya, Gubernur Al Haris mengatakan, modernisasi dan globalisasi, apalagi dengan era digital sekarang ini membawa dampak positif maupun dampak negatif. Salah satu dampak negatifnya ialah terkikisnya nasionalisme, termasuk di dalamnya penghayatan dan penghormatan terhadap Bendera Merah Putih semakin pudar dan menipis. Bendera Kebangsaan Merah Putih hanya dibuat sebagai pajangan dan hiasan belaka, karena sebagian masyarakat kita kurang memahami arti dan makna Sang Merah Putih sebagai Bendera Kebangsaan Indonesia yang diperjuangkan dengan tetesan air mata, darah, bahkan mengorbankan nyawa dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

“Untuk itu, perlu kita dilakukan pembinaan bagi seluruh lapisan masyarakat dan komponen bangsa, terutama untuk membangun kembali dan memperkuat Nation Character Building (pembangunan karakter bangsa), yang telah mulai pudar pada diri manusia Indonesia, agar pada diri setiap anak bangsa tumbuh dan berkembang sikap cinta tanah air, semangat patriotisme, idealisme, rela berkorban, serta sikap dan perilaku menghargai dan menghormati Bendera Kebangsaan Sang Merah Putih,” sambung Gubernur Al Haris.

Gubernur Al Haris menuturkan, salah satu wujud kegiatan yang dilakukan untuk mencapai tujuan dimaksud adalah dengan menyelenggarakan pembinaan dan pemusatan pelatihan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka tingkat Provinsi Jambi tahun 2024, yang nantinya mengemban tugas berat dan mulia pada Upacara Pengibaran dan Penurunan Duplikat Bendera Pusaka memperingati Kemerdekaan Republik Indonesia tanggal 17 Agustus 2024.

“Saya berharap kegiatan ini mempunyai makna yang sangat penting dalam upaya mendapatkan adik-adik Paskibraka yang memiliki sikap bertanggung jawab, disiplin, rela berkorban, berdedikasi tinggi, serta memiliki akhlak mulia dan berkepribadian baik,” tutup Gubernur Al Haris.

Sebelumnya, Ketua Panitia, Amidy melaporkan bahwa tujuan pemusatan untuk mensukseskan peringatan Hari Ulang Tahun Proklamasi Republik Indonesia ke-79 di Provinsi Jambi. “Dengan menyiapkan Paskibraka tingkat Provinsi Jambi tahun 2024. Lalu juga memberikan bekal keterampilan bari berbasis, memahami akan arti makna bendera merah putih yang berkarakter Pancasila,” ujar Amidy.

Hadir pada acara yang penuh makna ini, Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Jambi, para Kepala OPD Pemprov Jambi, Sekretaris Badan Kesbangpol, Afrizal, Kasubbid Bela Negara Badan Kesbangpol, Haris Iqbal dan jajaran Badan Kesbangpol lainnya, serta para pelatih dan panitia lainnya. (Diskominfo Provinsi Jambi/Waaly Arizona)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan