Kabarnegeri
Beranda Birokrasi Kabupaten Muaro Jambi Pemdes Sungai Gelam Gelar Lomba Agustusan

Pemdes Sungai Gelam Gelar Lomba Agustusan

MUARO JAMBI (KABARNEGERI.NET) – Ragam pesta dan hiburan rakyat maupun penyelenggaraan aneka lomba anak-anak. remaja dan ibu-ibu serta permainan ketangkasan khas rakyat, seperti tradisi lomba Panjat Pinang yang selalu rutin dilakukan masyarakat desa saat puncak peringatan hari jadi Kemerdekaan RI 17 Agustus. Juga beragam pementasan seni dan tradisi hiburan budaya rakyat desa dalam rangka ikut memeriahkan sekaligus menyambut Dirgahayu Kemerdekaan RI ke-79 tahun 2024. Yang mana pelaksanaannya jauh lebih semarak dan lebih meriah dari tahun-tahun lalu kembali digelar di berbagai desa dalam wilayah Kecamatan Sungai Gelam, Kabupaten Muaro Jambi dalam sepekan ini.

Tidak kalah unik, menarik dan meriahnya menyambut hari kemerdekaan di Desa Sungai Gelam khususnya. Pihak Pemerintah Desa Sungai Gelam pun menggelar berbagai acara lomba dan aneka kegiatan rakyat di Desa Sungai Gelam untuk memeriahkan puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 tahun 2024 di lingkungan Rukun Tetangga (RT)-RT dalam wilayah Dusun di Desa Sungai Gelam, Kecamatan Sungai Gelam yang berlangsung semarak dan meriah juga penuh semangat dan antusias seluruh warga setempat dalam memperingati Proklamasi Hari Kemerdekaan RI tahun ini.

Kepala Desa Sungai Gelam, Datuk Agustiar menyatakan selama Agustusan 2024, dalam rangka memeriahkan Hari Kemerdekaan RI yang ke-79. Pihak Pemdes Sungai Gelam menyelenggarakan berbagai lomba dan aneka ragam kegiatan rakyat di tengah lingkungan masyarakat Desa Sungai Gelam, Kecamatan Sungai Gelam.

“Untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan RI pada Agustusan tahun 2024 ini. Pemerintah Desa Sungai Gelam, Kecamatan Sungai Gelam melaksanakan berbagai lomba dan ragam kegiatan menyambut Hari Kemerdekaan Indonesia di tengah masyarakat di Desa Sungai Gelam,” ungkapnya belum lama ini.

Penyelenggaraan aneka lomba bersama rakyat di Desa Sungai Gelam, paparnya, dalam rangka menyambut sekaligus ikut memeriahkan peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-79 tahun ini. Adapun beragam kegiatan di masyarakat dan ragam aneka lomba yang dipertadingkan tersebut, diantaranya penyelenggaraan turnamen Bola Voli (Voley Ball) antar RT merebut trophy Piala Kades Sungai Gelam Cup ke-1 yang diselenggarakan di 35 RT se-Desa Sungai Gelam pada 4 Agustus-17 Agustus 2024.

Lalu saat akhir acara kegiatan untuk menyambut Hari Kemerdekaan RI ke-79 tahun ini. Pemdes Sungai Gelam juga melaksanakan lomba jalan santai yang diikuti seluruh warga di Desa Sungai Gelam dilaksanakan pada 25 Agustus 2024 mendatang. “Lomba Jalan Santai Kemerdekaan di Desa Sungai Gelam ini, dilaksanakan pada pagi hari, pada pukul 06.00 WIB, tanggal 25 Agustus 2024 akan datang,” sebutnya.

Pemdes Sungai Gelam, kata Datuk Agustiar seraya menambahkan, juga menggelar lomba Panjat Pinang diikuti warga Desa Sungai Gelam dilaksanakan 18 Agustus 2024 lalu. Kemudian pihak pemerintah desa juga menggelar pertandingan lomba pembuatan taman sekaligus penanaman berbagai jenis Tanaman Obat Keluarga (TOGA) dan tanaman Herbal untuk kesehatan keluarga yang dibutuhkan warga desa dilaksanakan di seluruh lingkugan RT yang jumlahnya 35 RT dalam wilayah Desa Sungai Gelam, Kecamatan Sungai Gelam ini.

“Lomba kegiatan masyarakat desa lainnya, yaitu lomba membuat Taman TOGA (Tanaman Obat Keluarga) di lingkungan Rukun Tetangga (RT), yang dilaksanakan sejak dua bulan ini, yakni sejak Juni 2024 yang lalu sampai 21 Agustus 2024. Juga sekaligus untuk lomba TOGA kali ini, warga di lingkungan RT ini, melakukan penanaman berbagai jenis tumbuh-tumbuhan yang mengandung obat, dan aneka jenis tanaman yang mengandung obat-obatan yang bermanfaat bagi kesehatan keluarga dan keperluan bagi warga dan masyarakat desa. Juga di dalam taman TOGA ini pun, ditanami berbagai aneka jenis tanaman Herbal yang amat bermanfaat dibutuhkan keluarga dan masyarakat di lingkungan RT setempat. Yangmana di lingkungan RT-RT tersebut, yang seluruhnya ada berjumlah 35 RT di wilayah Desa Sungai Gelam, Kecamatan Sungai Gelam ini,” tuturnya. (Afrizal)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan