Kabarnegeri
Beranda Birokrasi Kabupaten Muaro Jambi Pondok Pesantren Sabilul Jannah Gelar Aneka Lomba 17 Agustus

Pondok Pesantren Sabilul Jannah Gelar Aneka Lomba 17 Agustus

MUARO JAMBI (KABARNEGERI.NET) – Dalam rangka ikut memeriahkan puncak acara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI yang ke-79 tahun ini. Pondok Pesantren Sabilul Jannah Kabupaten Muaro Jambi menggelar aneka permainan dan perlombaan 17 Agustusan bersama santri dan Majelis Guru yang rutin dilakukan setiap tahunnya. Usai melaksanakan upacara pengibaran Bendera Merah Putih dalam rangka memperingati Dirgahayu Kemerdekaan Republik Indonesia 2024 di halaman utama Pondok Pesantren Sabilul Jannah, Jalan Sungai Macang, RT 5, Desa Gerunggung, Kecamatan Sekernan, Kabupaten Muaro Jambi, Sabtu siang (17/08/2024) hingga malam hari.

Pengasuh Pondok Pesantren Sabilul Jannah Kabupaten Muaro Jambi, Abah Kyai Ahmad Fauzi Al-Barbasy didampingi Umi Nyai Nursutanti, menyatakan pihaknya sangat mensyukuri atas segala nikmat dan karunia yang diberikan oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala atas Kemerdekaan yang diberikan kepada bangsa dan Negara Republik Indonesia yang kita cintai ini. Maka dengan itu, sebutnya, Pondok Pesantren Sabilul Jannah Kabupaten Muaro Jambi menggelar aneka perlombaan dan permainan bersama seluruh santri putra/santri putri beserta Majelis Guru dalam rangka mensyukuri Dirgahayu Kemerdekaan RI yang ke-79 tahun ini. 

Aneka permainan dan perlombaan diselenggarakan pihak Pondok Pesantren Sabilu Jannah kali ini, menurutnya, sebagai tanda syukur kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala sekaligus ikut serta memeriahkan acara puncak peringatan HUT Kemerdekaan RI yang ke-79 tahun 2024.

“Untuk ikut mensyukuri atas segala nikmat dan karunia yang diberikan oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala atas Kemerdekaan yang diberikan kepada bangsa dan Negara Republik Indonesia yang kita cintai ini. Dalam rangka peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-79 tahun 2024. Kita melaksanakan berbagai acara permainan dan perlombaan 17 Agustusan bersama semua santri dan Majelis Guru, serta masyarakat. Mulai pagi hari sampai malam hari,” lanjutnya.

“Juga pada malam tanggal 17 Agustus ini, Pondok Pesantren Sabilul Jannah menggelar acara Istighotsah. Sekaligus pembagian hadiah perlombaan. Yang dilanjutkan dengan nobar (nonton bareng) bersama semua santri dan Majelis Guru. Nobar film perjuangan yang berjudul “Sang KYAI”. Film yang bertemakan film perjuangan tentang salah satu tokoh Pahlawan Nasional Indonesia, yaitu (Almarhum) Kyai Haji Hasyim Asy’ari, yakni seorang Ulama besar Indonesia, dan pendiri NU (Nadhlatul Ulama),” papar Ketua Yayasan Sabilul Jannah Kabupaten Muaro Jambi ini.

Ditambahkan berbagai aneka permainan dan perlombaan 17 Agustus bersama santri putra/santri putri digelar Pondok Pesantren Sabilul Jannah dalam rangka memperigati HUT Proklamasi Kemerdekaan RI tahun 2024, diantaranya lomba sendok kelereng (gundu) yang diikuti oleh santri putra dan santri putri. Lomba makan kerupuk oleh santri putra, lomba balap karung khusus santri putra, dan lomba tusuk air oleh santri putra dan santri putri.

Selanjutnya juga digelar lomba lari balon dan lomba estafet air oleh santri putri, serta lomba pertandingan sepak bola sarung ala Santri (khusus santri putra) yang terkenal selalu dilaksanakan semua pondok pesantren.

“Lomba permainan Sepak Bola Sarung Ala Santri ini merupakan tradisi yang selalu dilakukan oleh santri-santri di semua pondok pesantren di Indonesia. Nah kami disini pun, juga melaksanakannya, dan kita selalu menggelar lomba pertandingan Sepak Bola Sarung Ala Santri ini pada saat acara-acara penting. Seperti pada saat acara HUT Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2024 ini,” tuturnya. (Afrizal)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan