Kabarnegeri
Beranda Birokrasi Kabupaten Muaro Jambi Kades Suak Putat Fokus Membangun Potensi Unggulan Desa

Kades Suak Putat Fokus Membangun Potensi Unggulan Desa

MUARO JAMBI (KABARNEGERI.NET) – Perlahan tapi pasti. Desa Suak Putat, Kecamatan Sekernan dibawah kepemimpinan Nyai Ratnawati sebagai Kepala Desa Suak Putat saat ini, komitmennya siap menjadikan desanya mampu mendongkrak perekonomian kerakyatan berbasis pertanian dan produktifitas perkebunan andalan desa dalam upaya memajukan desa dan memakmurkan semua warga Desa Suak Putat di masa depan.

Tidak itu saja harapannya untuk memajukan dan membangun desanya, ungkap Nyai Ratnawati kepada Kabarnegeri belum lama ini, Pemerintah Desa Suak Putat, Kecamatan Sekernan telah merancang sebuah perencanaan pembangunan desa ditujukan kepada peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) bagi kaum perempuan dan ibu-ibu di Desa Suak Putat untuk membantu perekenomian keluarga dan kebutuhan anak-anaknya.

Serta diharapkan juga kegiatan kepada ibu-ibu dan kaum perempuan di Desa Suak Putat ini, masih ungkap Nyai Ratnawati, kedepannya mampu menambah income (penghasilan) bagi kebutuhan keluarga dan anak-anak mereka. Melalui kegiatan pemberdayaan ekonomi dan peningkatan keterampilan usaha bernilai produktif, kreatif dan inovatif yang diselenggarakan oleh kelompok ibu-ibu rumah tangga dalam peningkatan produktifitas hasil-hasil pertanian dan perkebunan andalan desa seperti pembangunan kebun unggulan UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) bagi kepentingan usaha rumahan di Desa Suak Putat, Kecamatan Sekernan dibawah kepemimpinan Kepala Desa Nyai Ratnawati kedepan.

“Kami dari Pemerintah Desa Suak Putat, Kecamatan Sekernan kedepannya, telah merencanakan sebuah perencanaan pembangunan ekonomi kerakyatan berbasis hasil-hasil potensi andalan desa yang mencakup bidang pertanian dan perkebunan desa yang memiliki nilai ekonomis dan menguntungkan secara komersil untuk diserap pasar. Yang digerakkan oleh ibu-ibu di Desa Suak Putat ini khususnya, dan semua kaum perempuan lainnya,” lanjutnya.

“Berkaitan dalam upaya membantu perekonomian keluarga mereka sekaligus menambah income (penghasilan) rumah tangganya dan kebutuhan anak-anaknya, seperti geliat pemberdayaan UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) dan juga peningkatan keterampilan ibu-ibu dan kaum perempuan dalam upaya meningkatkan potensi unggulan desa. Melalui rencana pembentukan KWT (Kelompok Wanita Tani) dan kelompok ibu-ibu UMKM di Desa Suak Putat yang menjadi prioritas utama di sektor pembangunan SDM di Desa Suak Putat kedepannya,” demikian paparnya.

Ditambahkan saat sekarang ini, dalam rangka penilaian lomba desa oleh pihak Pemerintah Kecamatan Sekernan Pemerintah Derah (Pemda) Kabupaten Muaro Jambi. Pihak Pemerintah Desa Suak Putat fokus kepada kegiatan pemberdayaan masyarakat di tingkat Rukun Tetangga (RT) se-Desa Suak Putat dengan membangun Taman dan Kebun TOGA (Tanaman Obat Keluarga) PKK. “Direncanakan (sesuai target) dibangun di sembilan RT se-Desa Suak Putat,” ujarnya. (Afrizal)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan