Kabarnegeri
Beranda Agama Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW 1446 H/2024 SMPN 8 Muaro Jambi di Masjid Muhajidin Kasang Pudak

Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW 1446 H/2024 SMPN 8 Muaro Jambi di Masjid Muhajidin Kasang Pudak

MUARO JAMBI (KABARNEGERI.NET) – Puncak peringatan Hari Kelahiran Nabi Besar Muhammad SAW, yakni peringatan Hari Maulid Nabi Muhammad SAW 1446 Hijriyah/2024, yang jatuh setiap tanggal 12 Robi’ul Awal. Juga turut diperingati oleh seluruh siswa/siswi beserta Majelis Guru di lingkungan SMP Negeri 8 Muaro Jambi yang puncak kegiatannya berlangsung di dalam lingkungan Masjid Mujahidin Kasang Pudak, Desa Kasang Pudak, Kecamatan Kumpeh Ulu, Sabtu, 21 September 2024/17 Robi’ul Awal 1446 Hijriyah.

Kegiatan acara puncak peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1446 Hijriyah tersebut, juga mengundang para Jama’ah dan masyarakat umum lainnya dari desa setempat, seperti tokoh agama dan Alim Ulama juga tokoh-tokoh masyarakat di Desa Kasang Pudak, Kecamatan Kumpeh Ulu. Sehingga acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tahun ini, berlangsung meriah, penuh kebahagiaan dan penuh khidmat yang diawali pembacaan Ummul Qur’an, Kalam Ilahi dan Saritilawah.

Juga saat itu terdengar terus-menerus lantunan Shalawat yang diiringi Hadroh SMP Negeri 8 Muaro Jambi di dalam masjid terbesar di Desa Kasang Pudak ini. Sehingga semakin menambah kemeriahan puncak perayaan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1446 Hijriyah diselenggarakan SMP Negeri 8 Muaro Jambi tahun ini. Dilanjutkan dengan mendengarkan Tausiyah disampaikan Penceramah Ustadz DR Khudori, M.Pd. Sekaligus saat itu, juga diumumkan para pemenang lomba ceramah Agama Islam dan lomba Shalawat Nabi yang diikuti perwakilan Duta Kelas dari setiap jenjang Kelas 7, Kelas 8 dan Kelas 9 berasal keseluruhan kelas sebanyak 28 kelas di dalam lingkungan SMP Negeri 8 Muaro Jambi.

Kepala SMP Negeri 8 Muaro Jambi, H Saiful Asngari, S.Ag,M.Pd mengatakan sebelum melaksanakan puncak acara kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1446 Hijriyah dilaksanakan di dalam lingkungan Masjid Mujahidin Kasang Pusak, Desa Kasang Pudak, Sabtu (21/09/2024) lalu. Pihak sekolah menyelenggarakan kegiatan lomba dalam rangka memeriahkan acara perayaan dan puncak peringatan Maulid Nabi tahun ini. Tidak itu saja, tambahnya, pihak sekolah pun rutin menyelenggarakan Peringatan Isra Mi’raj setiap tahunnya.

Selanjutnya untuk merayakan sekaligus memeriahkan acara peringatan Maulid Nabi tersebut, ungkap H Saiful, pihak sekolah setiap tahun rutin menggelar lomba-lomba diikuti oleh seluruh siswa/siswi sebagai pesertanya bersama semua Majelis Guru SMP Negeri 8 Muaro Jambi di dalam lingkungan sekolah.

“Perlombaan acara Maulid Nabi. Dalam rangka memperingati Hari Kelahiran Nabi Besar Muhammad SAW 1446 Hijriyah tahun 2024, yang jatuh setiap tanggal 12 Robi’ul Awal pada Kalender Islam, yakni Kalender Hijriyah. Sekolah mengadakan lomba ceramah Agama Islam dan lomba Shalawat Nabi. Pesertanya wajib diikuti seluruh siswa/siswi yang beragama Islam. Juga sekaligus menjadi peserta lombanya. Bagi pemenang lomba dalam rangka peringatan Maulid Nabi tahun 2024, para juara berhak mendapat uang pembinaan dari sekolah,” terangnya kepada Kabarnegeri belum lama ini.

Ditambahkan Sekretaris Panitia Kegiatan Lomba dan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1446 Hijriyah SMP Negeri 8 Muaro Jambi tahun 2024, Ustadz Zamhuri, S.Ag,M.Pd.I, menyatakan pihak sekolah setiap tahun selalu rutin melaksanakan lomba untuk memeriahkan dan merayakan peringatan Maulid Nabi, sebagai peringatan hari kelahiran Nabi Besar Muhammad SAW setiap tahunnya di lingkungan sekolah.

“Setiap tahun, sekolah kita selalu mengadakan lomba untuk memeriahkan dan merayakan acara Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di dalam lingkungan SMP Negeri 8 Muaro Jambi, yaitu sejak pelaksanaan Tahun Ajaran (TA) 2013 lalu hingga sekarang. Peserta lombanya adalah seluruh siswa/siswi yang berasal dari seluruh kelas. Yang seluruhnya berjumlah 28 kelas (Kelas 7, Kelas 8 dan Kelas 9). Pada tahun 2024 ini, sekolah kita menggelar acara puncak Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tanggal 21 September 2024/17 Robi’ul Awal 1446 Hijriyah dengan mendengar ceramah Maulid Nabi disampaikan oleh Ustadz DR Khudori, M.Pd di Masjid Mujahidin Kasang Pudak, Desa Kasang Pudak, Kecamatan Kumpeh Ulu,” papar Ustadz Zamhuri, juga Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Negeri 8 Muaro Jambi ini.

Kemudian terkait penyelenggaraan kegiatan lomba dalam rangka acara peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW 1446 Hijriyah/2024 kali ini, sebutnya, pihak sekolah melaksanakan lomba ceramah Agama Islam bertemakan tentang “Ketauladanan Nabi Muhammad SAW”. Serta menyelenggarakan lomba Shalawat Nabi, pesertanya adalah seluruh siswa/siswi SMP Negeri 8 Muaro Jambi.

“Masing-masing untuk perlombaan diselenggarakan oleh pihak sekolah. Dalam rangka memperingati dan merayakan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1446 Hijriyah di lingkungan SMP Negeri 8 Muaro Jambi tahun 2024 ini. Panitia mengadakan lomba ceramah Agama Islam, dilaksanakan pada tanggal 14 September 2024 lalu, dengan tema tentang “Ketauladanan Nabi Muhammad SAW”. Yang durasi waktunya kita batasi, selama 7 menit setiap anak (siswa/siswi),” demikian ungkapnya.

“Yakni aturan main lombanya. Hanya boleh satu kelas, berhak mengirimkan perwakilan Duta Kelas sebanyak dua orang. Masing-masing satu orang siswa dan satu orang siswi per kelas. Untuk diketahui saja bahwa seluruhnya ada 28 kelas di SMP Negeri 8 Muaro Jambi saat ini,” papar Ustadz Zamhuri, juga dia salah satu Dosen pengajar Mata Kuliah Agama Islam dan PPKN (Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan) di Institut Pelita Raya Jambi (Institute Pelita Raya) ini.

Berikutnya 18 September 2024 lalu, masih ungkapnya, pihak sekolah kembali melaksanakan lomba Shalawat Nabi dilakukan secara berkelompok atau ber-Grup setiap kelasnya dengan durasi waktu dibatasi hanya 10 menit.

“Untuk lomba Shalawat Nabi kali ini. Aturan main lombanya yakni setiap kelas harus mengirimkan wakil kelompoknya, yaitu sebanyak 5 orang per-Grup perkelasnya. Dengan kata lain, bahwa untuk pelaksanaan Lomba Shalawat Nabi kali ini, bahwa setiap kelas hanya boleh mewakili satu grup saja sebagai perwakilan Datu Kelas, beranggotakan sebanyak 5 orang siswa/siswi. Dengan durasi waktu 10 menit, kita batasi. Sementara untuk seluruh kelas yang ada di SMP Negeri 8 Muaro Jambi saat ini, seluruhnya berjumlah 28 kelas. Maka otomatis, peserta lomba yang berhak mengikuti Lomba Shalawat Nabi pun diikuti sebanyak 28 Grup, untuk 28 kelas yang ada seluruhnya di dalam lingkungan SMP Negeri 8 Muaro Jambi ini,” terang Ustadz Zamhuri, ia juga menjadi Dosen pengajar untuk Mata Kuliah Agama Islam di Universitas Baiturrahim Jambi masing-masing di Fakultas Kebidanan dan Fakultas Fisoterapi ini. (Afrizal)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan