Kabarnegeri
Beranda Pendidikan Pjs. Gubernur Sudirman Siapkan Sinergitas Pembinaan Satuan Karya Pramuka (SAKA) Dalam Jajaran Kwarda Jambi

Pjs. Gubernur Sudirman Siapkan Sinergitas Pembinaan Satuan Karya Pramuka (SAKA) Dalam Jajaran Kwarda Jambi

JAMBI (KABARNEGERI.NET) – Penjabat Sementara (Pjs) Gubernur Jambi, Dr. H. Sudirman, SH,MH menyatakan akan menyiapkan sinergitas Pembinaan Satuan Karya Pramuka (SAKA) dalam jajaran Kwarda Jambi. Pernyataaan ini disampaikannya pada Rapat pembinaan SAKA (Satuan Karya Pramuka) dalam jajaran Kwarda Jambi dan keikutsertaan Kwarda Jambi pada perkemahan Nasional di Gorontalo Tahun 2025, bertempat di Rumah Dinas Sekda Provinsi Jambi, Kamis (17/10/2024) pagi.

Dikatakan Pjs. Gubernur Sudirman bahwa Satuan Karya Pramuka (SAKA) sebagai organisasi pendukung Kwartir Gerakan Pramuka merupakan wadah kemitraan antara Kwartir Gerakan Pramuka dengan instansi pemerintah, dunia usaha, dunia industri, tokoh Masyarakat dan para profesional.

“Selain itu SAKA juga merupakan wadah inovasi pembinaan dan pengembangan pendidikan kepramukaan dibidang penguasaan iptek, seni, etika dan sikap kerja serta penguasaan keahlian dan keterampilan fungsional serta membantu penyaluran minat dan bakat kecakapan Pramuka Penegak dan Pandega (Usia 16-25 Tahun),” kata Pjs. Gubernur Sudirman.

Disampaikan Pjs. Gubernur Sudirman, sebagai Kamabida dan Kakwarda ingin bersama-sama dengan instansi terkait yang menauangi SAKA dilingkup Kwarda Jambi yang tercatat telah terbentuk 12 SAKA. “SAKA ini adalah bagian dari memberdayakan generasi-generasi muda yang termasuk dalam SAKA untuk mereka beraktifitas ditempat lingkungan mereka, ada SAKA Pariwisata, SAKA Dirgantara, SAKA Bhayangkara, ada 12 terwadahi untuk anak-anak kita ini yang bisa membantu instansi masing-masing,” ujarnya.

“Kita mengharapkan agar SAKA ini aktif seluruhnya, karena kita tahun depan akan mengikuti perkemahan SAKA nasional di Gorontalo, kita harus siapkan sedini mungkin agar anak-anak kita bisa memiliki pengalaman yang cukup, agar anak-anak kita bisa memperjuangkan dan membantu SAKA yang menjadi naungannya,” tambahnya. 

Dari rapat ini, ada beberapa rekomendasi yang dihasilkan yaitu diperlukan Political Will (Kebijakan, Komitmen Dan Dukungan) Mabi SAKA/Pengampu SAKA dalam upaya Benah, Bina Dan Berdaya SAKA, juga diperlukan penyusunan program berkelanjutan dan berkesinambungan masing-masing SAKA. Dan dari pertemuan ini agar dapat ditindaklanjuti oleh Jajaran Pengampu SAKA Pada Tingkat kabupaten/kota se-Provinsi Jambi. Selain itu, Pjs. Gubernur Jambi juga menyatakan bahwa Mabi SAKA Daerah Jambi siap ikut serta pada Perkemahan Antar SAKA Tingkat Nasional Tahun 2025 Di Gorontalo. (Diskominfo Provinsi Jambi/Mar, dd)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan