Kabarnegeri
Beranda Birokrasi Kota Jambi Pj. Wali Kota Jambi Lepas Keberangkatan 20 Peserta Drone Mapping Ke Singapura

Pj. Wali Kota Jambi Lepas Keberangkatan 20 Peserta Drone Mapping Ke Singapura

JAMBI (KABARNEGERI.NET) – Bertempat di Aula Griya Mayang Rumah Dinas Wali Kota Jambi, Jumat (23/02/2024) malam, Pj. Wali Kota Jambi Sri Purwaningsih melepas para peserta yang akan mengikuti pelatihan Drone Mapping selama tiga hari ke negara Singapura dengan keberangkatan pada 25 Februari 2024.

“Drone Aerial Mapping ini merupakan proyek Pemkot Jambi bekerja sama dengan PT. Tamasek Singapura tahun 2024. Dimana kerja sama ini sudah dilakukan Letter of Intent (LoI) oleh Bapak Wali Kota pada tahun 2023 yang lalu, dan malam ini kita tinggal mengeksekusinya,” ucap Pj. Wali Kota.

Untuk diketahui, Drone Mapping merupakan metode baru yang menjadi sebuah solusi dalam menjawab kebutuhan pemetaan. Dan mampu menyajikan data spasial dengan akurasi tinggi, untuk berbagai keperluan pemetaan, dimanapun, dan kapanpun kebutuhan itu berada.

Pj. Wali Kota mengatakan, saat ini ada 20 orang peserta yang akan diberangkatkan untuk mengikuti pelatihan, dan nantinya ada tiga tahapan yang akan dilakukan dengan mengirimkan peserta dari lingkungan Pemkot Jambi.

“Pelatihan Drone Mapping ini ke Singapura ada tiga tahapan, setelah tahap pertama 20 peserta ini nanti kita kirim ke Singapura nanti di bulan Mei akan dilanjutkan tahapan berikutnya 20 orang, mereka akan digembleng mungkin dengan tema yang berbeda dengan strategi pembelajaran yang berbeda, dan nanti yang tahapan ketiga 20 orang ini akan dilakukan pelatihannya di Kota Jambi. Jadi Tematik Singapura akan memberikan ilmunya kepada ASN kota Jambi dan juga diikuti oleh teman-teman dari Akademisi dari Universitas,” sebut Pj. Wali Kota.

Lebih lanjut, Pj. Wali Kota menjelaskan pentingnya penggunaan Drone Mapping saat ini, khususnya di beberapa bidang pekerjaan seperti di Dinas PUPR dan Dinas Pertanian. Dimana penggunaannya harus melakukan pemetaan manakala menyusun rencana tata ruang, detail tata ruang, rencana detail tata ruang wilayah, kondisi lahan dan keadaan lahan.

“Ketika memetakan itu, tidak cukup bisa kita menggunakan ilmu yang sekarang, tetapi diperlukan tambahan ilmu. Intinya Drone Mapping ini sangat diperlukan untuk Pemkot Jambi, karena banyak sekali manfaatnya. Saya berharap kepada para peserta untuk benar-benar memaksimalkan pelatihannya dan mendapatkan ilmunya dengan sebaik-baiknya untuk nanti diaplikasikan di Kota Jambi,” ungkap Pj. Wali Kota.

Turut hadir Sekda Kota Jambi A. Ridwan, Kepala Bagian Kerja Sama Kota Jambi dan para Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kota Jambi. (eco)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan