Kabarnegeri
Beranda Birokrasi Kabupaten Muaro Jambi Siswa Kelas X SMAN 3 Muaro Jambi Lakukan Kegiatan P5 Praktek Kewirausahaan Dengan Bahan Umbi-Umbian

Siswa Kelas X SMAN 3 Muaro Jambi Lakukan Kegiatan P5 Praktek Kewirausahaan Dengan Bahan Umbi-Umbian

MUARO JAMBI (KABARNEGERI.NET) – Pelaksanaan Kurikulum Merdeka bagi semua siswa/siswi Kelas X di lingkungan SMA Negeri 3 Muaro Jambi sudah dimulai sejak tahun ajaran baru 2023-2024 ini.

Kepala SMA Negeri 3 Muaro Jambi, Harits Haikal, S.Pd, melalui Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Iwan Pasbon Pasaribu, S.Pd mengungkapkan seluruh peserta didik baru, yakni siswa/siswi Kelas X SMA Negeri 3 Muaro Jambi sudah melaksanakan Kurikulum Merdeka pada Tahun Pelajaran 2023-2024.

“Untuk seluruh peserta didik Kelas X, sudah melaksanakan Kurikulum Merdeka pada Tahun Pelajaran 2023-2024. Sedangkan siswa/siswi Kelas XI dan Kelas XII masih tetap menggunakan Kurikulum 2023 (K-13). Untuk penyebutan bagi semua siswa/siswi Kelas X, yang sudah melaksanakan Kurikulum Merdeka ini, disebut dengan Fase E,” sebutnya kepada Kabarnegeri di ruang kerjanya, Kamis (22/02/2024) di Desa Nagasari, Kecamatan Mestong, Kabupaten Muaro Jambi.

Seluruh siswa/siswi Kelas X yang telah menggunakan Kurikulum Merdeka di lingkungan SMA Negeri 3 Muaro Jambi pada Tahun Pelajaran 2023-2024 sedang berlangsung sekarang ini, jelasnya, melaksanakan kegiatan P5 yaitu singkatan dari Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.

“Saat ini, untuk seluruh siswa dan siswi Kelas X SMA Negeri 3 Muaro Jambi, yang telah menggunakan Kurikulum Merdeka pada Tahun Pelajaran 2023-2024, sedang melaksanakan Kegiatan P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) di sekolah. Adapun kegiatan P5 bagi semua siswa/siswi Kelas X tersebut, merupakan kegiatan proyek yang kedua dilaksanakan peserta didik di sekolah. Untuk kegiatan P5 kali ini, materinya adalah soal Kewirausahaan dengan bahan pokoknya, adalah jenis umbi-umbian,” demikian paparnya.

Lanjutnya selama satu tahun kalender akademik penerapan Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2023-2024 tersebut, kata Iwan Pasbon Pasaribu, kegiatan P5 maksimal tiga proyek dilaksanakan di sekolah. Masing-masing yaitu, proyek yang pertama sudah dilaksanakan pada November 2023 lalu.

Kemudian untuk kegiatan proyek yang kedua sedang berlangsung saat ini di sekolah, yang telah dilaksanakan sejak awal tahun 2024 ini. “Untuk proyek yang kedua tahun ini, sudah kita laksanakan. Dimulai pada Januari sampai Februari 2024 ini. Sementara untuk proyek yang ketiga nanti, sudah kita selesaikan. Dilaksanakan bulan Maret 2024 akan datang,” ungkapnya kepada media online ini.

Terkait hasil proyek kegiatan P5 bagi semua peserta didik Kelas X di lingkungan SMA Negeri 3 Muaro Jambi, tambahnya, wajib dipamerkan di sekolah dalam bentuk Bazar. Sehingga semua warga sekolah pun wajib membelinya, termasuk juga kepala sekolah, wakil kepala sekolah dan semua Majelis Guru. Alasannya karena hasil kegiatan proyek yang sudah dipamerkan tersebut, adalah hasil karya semua peserta didiknya.

“Setiap kelompok kerja di dalam kelas, dibagi menjadi 5 kelompok. Untuk diketahui bahwa saat ini, seluruh siswa dan siswi Kelas X di SMA Negeri 3 Muaro Jambi, semuanya ada 8 kelas rombongan belajar (rombel). Maka untuk kegiatan P5 yang dilaksanakan oleh sekolah, jumlahnya ada 40 kelompok kerja yang sedang mengikuti kegiatan P5, untuk proyek yang kedua tahun 2024 ini,” tuturnya. (Afrizal)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan