Kabarnegeri
Beranda Ekonomi Terobosan Pengendalian Inflasi, Pj. Wali Kota Jambi Buka Kegiatan ‘Gerakan Ayo Menanam’

Terobosan Pengendalian Inflasi, Pj. Wali Kota Jambi Buka Kegiatan ‘Gerakan Ayo Menanam’

JAMBI (KABARNEGERI.NET) – Berbagai langkah telah di ambil Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi untuk menghadapi tekanan inflasi akibat naiknya harga berbagai macam kebutuhan pokok yang merata diseluruh wilayah Indonesia akibat pengaruh iklim yang menyebabkan gagalnya hasil beberapa komoditi hasil pertanian.

Maka dari itu, Pemkot Jambi membuat terobosan yang dinamakan ‘Gerakan Ayo Menanam’ yang tujuannya untuk menjamin ketersediaan kecukupan bahan pangan pokok masyarakat. Tidak hanya peran pemerintah, namun juga mengimbau kerja sama dari masyarakat, karena gerakan ini berbasis masyarakat guna pengendalian inflasi.

Dihadiri Forkopimda dan OPD terkait di lingkungan Pemkot Jambi, Pj. Wali Kota Jambi Sri Purwaningsih membuka ‘Gerakan Ayo Menanam’ bersama Kelompok Tani Sumber Makmur Rahayu 2, terletak di Kelurahan Kenali Asam Atas, Kecamatan Kota Baru, Kamis (29/02/2024) pagi.

“Kota Jambi yang bukan daerah penghasil komoditi pertanian merupakan tantangan sekaligus PR bagi pemerintah saat ini untuk menciptakan inovasi dan kreativitas. Pemanfaatan keterbatasan lahan dan sumber daya sangat diperlukan. Gerakan ini juga dibutuhkan peran penting masyarakat,” kata Pj. Wali Kota dalam sambutannya.

Pada kesempatan ini, Pj. Wali Kota mengimbau agar masyarakat bisa memaksimalkan setiap luasan tanah di pekarangan rumah untuk menanam beberapa komoditi pertanian yang tidak membutuhkan lahan yang luas.

“Setiap tempat tinggal masyarakat Kota Jambi dapat memanfaatkan pekarangan rumah untuk dijadikan media tanam, minimal cukup memenuhi kebutuhan bahan pokok sehari-hari, seperti cabai dan bawang saja ada di setiap pekarangan rumah, maka hampir dipastikan kita tidak kesusahan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Kita ingin masyarakat bisa mandiri, minimal bisa mencukupi kebutuhan bahan pokok rumah tangga masing-masing,” ujar Pj. Wali Kota.

Guna mendukung gerakan ini, kata Pj. Wali Kota, agar perangkat daerah hingga tingkat RT secepatnya dapat mensosialisasikan kepada masyarakat.

“Gerakkan tenaga penyuluh untuk mendampingi masyarakat agar pekarangan rumahnya dapat bermanfaat, agar tanamannya bisa bertahan di tengah ketidakpastian cuaca. Jangan sampai ada lahan pertanian yang tidur,” sebut Pj. Wali Kota.

“Kami ucapkan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada seluruh perangkat daerah Kota Jambi, Forkompimda, stakeholder terkait, Gabungan Kelompok Tani, serta pihak-pihak lainnya atas sinergi dan kolaborasinya, sebagai wujud komitmen dan perhatian kita semua untuk membantu serta meringankan beban masyarakat dalam mendapatkan bahan pangan pokok dengan harga murah dan berkualitas. Kegiatan ini saya harap tidak hanya sebatas seremonial belaka, akan tetapi menjadi kerja serius khususnya bagi semua jajaran Pemerintah Kota Jambi,” pungkas Pj. Wali Kota. (eco)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan