Kabarnegeri
Beranda Birokrasi Kabupaten Muaro Jambi Semarak dan Kemeriahan Puncak Acara PENSI SMAN 3 Muaro Jambi 2024

Semarak dan Kemeriahan Puncak Acara PENSI SMAN 3 Muaro Jambi 2024

MUARO JAMBI (KABARNEGERI.NET) – PENSI (Pentas Seni) SMAN 3 Muaro Jambi 2024, mengambil tema “Inovatif, Kreatif dan Inspiratif” berlangsung semarak, riuh, penuh keceriaan dan kemeriahan oleh semangat dan antusias seluruh siswa/siswi SMAN 3 Muaro Jambi yang telah memadati pentas panggung utama. Yang berdiri megah di tengah halaman sekolah, sejak pagi hari pukul 08.00 WIB, Kamis (07/03/2024).

Acara demi acara berlangsung, diantaranya pementasan pertunjukan atraksi seni Tari Persembahan oleh Tim Tari OSIS SMAN 3 Muaro Jambi. Dilanjutkan penampilan sesi Koreografer dan Opening Number Bujang-Gadis oleh siswa/siswi SMAN 3 Muaro Jambi, dan penampilan spesial oleh seluruh organisasi sekolah dalam lingkup OSIS SMAN 3 Muaro Jambi pun turut digelar apik dan menarik. Sehingga semakin menambah keceriaan dan kemeriahan puncak acara pensi sekolah dari awal sampai akhir acara. Juga tidak kalah serunya atraksi spektakuler yang ditampilkan dalam sesi Anugerah Bujang-Gadis, Parade Batik SMAN 3 Muaro Jambi dan Last Walk 2024, serta penampilan atraktif yang disuguhkan oleh kelompok Grup Band sekolah, DFresh Band dalam pertunjukan Konser DIRGANTARA.

Tidak kalah dengan penampilan kakak-kakak seniornya di SMAN 3 Muaro Jambi. Kehadiran pelajar tingkat SD dan SMP se-Kecamatan Mestong, sebagai bagian langsung dari peserta lomba yang mereka ikuti untuk ikut serta memeriahkan rangkaian puncak acara PENSI SMAN 3 Muaro Jambi 2024, semakin menambah kemeriahan dan semarak acara.

Siswa SD dan SMP se-Kecamatan Mestong yang hadir di acara pensi sekolah tersebut, serta dukungan kepala sekolah yang hadir maupun guru-guru pendamping/pembimbing siswa peserta lomba. Ikut memberikan semangat bagi semua anak didiknya, untuk menerima piala lomba yang akan diumumkan Panitia. Potret kehadiran para pelajar SD dan SMP dari Kecamatan Mestong itulah, justru semakin menambah semarak acara yang berakhir hingga siang hari.

Kepala SMAN 3 Muaro Jambi, Harits Haikal, S.Pd, dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan PENSI SMAN 3 Muaro Jambi bertajuk Inovatif, Kreatif dan Inspiratif 2014, adalah ajang untuk lebih mengoptimalkan segala potensi di dalam diri peserta didik mencakup semua siswa Kelas X, Kelas XI dan Kelas XII. Terutama menggali potensi minat dan bakat setiap siswa/siswi, juga prestasi dan keahliannya. Sehingga mampu menunjukkan kreativitas yang dimilikinya dengan hasil yang terbaik untuk terus berprestasi di sekolah, baik raihan prestasi di bidang akademik maupun prestasi non-akademik.

Ditambahkan Harits Haikal kembali mengingatkan bahwa Pensi Sekolah, sebagai ajang untuk memberikan penilaian sebuah kreativitas dan kemampuan semua siswa/siswi dengan hasil yang terbaik. Dalam rangka mempertunjukkan pencapaian kemampuan dirinya. Sekaligus mampu mengembangkan keahlian bakat seninya, melalui acara pensi sekolah yang selalu digelar setiap tahunnya.

“Diharapkan melalui acara PENSI (Pentas Seni) SMAN 3 Muaro Jambi tahun 2024, bertajuk “Inovatif, Kreatif dan Inspiratif”. Diharapkan semua siswa, dapat memberikan manfaat yang lebih baik lagi kedepannya, dan (tetap) menjadi kebanggaan sekolah (sampai kapanpun). Karena anak-anakku, mampu memberikan kemampuannya yang paling terbaik, dan menjadi bekal kalian untuk tetap bisa memberikan manfaat bagi orang banyak di tengah masyarakat. Setelah menamatkan (studi) pendidikannya di SMAN 3 Muaro Jambi ini. Selalu saya tekankan, bahwa jadikan Sekolah sebagai Taman Bermain yang menyenangkan bagi Siswa. Sekolah itu, adalah sebuah Taman Bermain untuk olah hati, olah pikir, olah raga, olah rasa, dan olah karsa,” tuturnya.

PENSI SMAN 3 Muaro Jambi 2024, sebagai ajang unjuk diri dan kemampuan kreativitas siswa/siswi SMANTI (julukan untuk SMAN berlokasi di Desa Nagasari, Kecamatan Mestong, Kabupaten Muaro Jambi), khususnya di bidang keterampilan olah seni budaya selama ini. Paling teranyar dan terakbar, kerap diselenggarakan sekolah bagi ajang kreativitas di kalangan siswa/siswi daerah Muaro Jambi, khususnya yang berada di wilayah Kecamatan Mestong dan sekitarnya kerap digelar setiap tahun.

Untuk acara pensi sekolah kali ini, sangat istimewa diperdengarkan Lagu Mars SMAN 3 Muaro Jambi karya Tombang AB Sinaga, S.Pd, Wakil Kepala Sekolah Bidang Sarana dan Prasarana SMAN 3 Muaro Jambi, untuk yang kedua kalinya tahun ini. Untuk launching pertama kali Lagu Mars SMAN 3 Muaro Jambi, dilaksanakan pada PANTASI tahun 2023 lalu.

Puncak acara PENSI SMAN 3 Muaro Jambi 2024 dilaksanakan dalam lingkungan sekolah, juga dihadiri masyarakat umum sekitar lingkungan sekolah. Juga acara pensi sekolah kali ini, dalam rangka puncak peringatan hari ulang tahun sekolah, sekaligus menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1445 H tahun 2024.

Pensi Sekolah, kegiatan acara diperuntukkan bagi kreativitas siswa dan seluruh warga belajar, termasuk kepala sekolah dan Majelis Guru di lingkungan SMAN 3 Muaro Jambi tahun ini, sebagai sarana mengembangkan bakat dan minat kemampuan siswa/siswi menampilkan unjuk kebolehan diri yang dimiliki peserta didik. Mampu menggali segala potensi minat dan bakatnya, kemampuan dirinya yang dimiliki menjadi sebuah hasil karya dan cipta yang inovatif, kreatif, dan menginspirasi. Yang mana selama ini, justru mereka belum mengetahui adanya sebuah bakat dan kemampuan, juga minat keahlian seluruh peserta didik yang belum terasah dengan baik. Tetap menjadi sebuah rahasia dalam dirinya selama ini, belum tergali, masih terpendam di dalam lubuk hatinya yang paling dalam sampai sekarang.

Maka sudah saatnya mampu menggali potensi diri siswa/siswi terhadap minat dan bakatnya, terutama di bidang kreativitas olah seni budaya di sekolah. Kemudian kemampuan dan keahlian seluruh anak didik di lingkungan SMAN 3 Muaro Jambi, juga diberikan kebebasan yang lebih luas cakupannya tidak hanya ajang kreativitas di bidang seni budaya. Tetapi juga penguasaan di bidang sains dan teknologi, informatika dan komunikasi. Guna lebih mengoptimalkan kemampuan diri peserta didik kedepannya, dan mampu mengaktualisasikan segala keahlian dan kemampuan khususnya dalam pertunjukan pagelaran PENSI Sekolah.

Dukungan Gubernur PENSI SMANTI Muaro Jambi 2024

Pensi Sekolah, sebagai aksi unjuk kemampuan diri peserta didik melalui ajang pementasan seni budaya melalui potensi kemampuan dan keahlian dimiliki siswa selama berada dalam lingkungan sekolah. Justru keberadaan acara pensi sekolah, turut memberikan andil yang sangat besar kepada warga belajar dan masyarakat umum sekitar sekolah.

Pensi Sekolah, juga sebagai ajang untuk memamerkan segala potensi minat siswa dan keahliannya masing-masing. Serta siswa mampu menampilkan setiap aksi dan atraksi seni dari kemampuan dan keahliannya sendiri. Disaksikan langsung oleh seluruh teman-teman sekolahnya, gurunya dan kepala sekolah. juga perhatian masyarakat umum sekitar lingkungan sekolah.

Penampilan atraksi pentas seni inovatif dan kreativitas olah seni budaya seluruh siswa/siswi SMAN 3 Muaro Jambi pada 7 Maret 2024. Sebuah prestasi seni yang membanggakan peserta didik. Membekali mereka dengan kemampuan dirinya sehingga mampu mengasah minat dan bakat serta kemampuan yang selama ini belum diketahuinya dapat menjadi sandaran kemampuannya kelak saat berada di lingkungan masyarakat.

Tidak kalah pentingnya kehadiran Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Provinsi Jambi, H. Syamsurizal, SE, M.Si, sekaligus mewakili Gubernur Provinsi Jambi, Dr. H. Al Haris, S.Sos, MH di lokasi acara. Turut memberikan nilai plus bagi suksesnya acara pementasan aksi kemampuan seluruh peserta didik di ajang kreativitas olah seni budaya tingkat pelajar diselenggarakannya PENSI SMAN 3 Muaro Jambi, 7 Maret 2024, yang bertajuk “Inovatif, Kreatif dan Inspiratif”.

Dalam sambutan Gubernur Al Haris disampaikan oleh Kadisdikbud, menyampaikan apresiasinya dan sangat mendukung penuh segala aktivitas, kreativitas siswa dan pelajar di tingkat SMA di Provinsi Jambi, melalui acara Pensi (Pentas Seni) yang diselenggarakan oleh sekolah dalam lingkup kewenangan Dinas Pendidikan Pemerintah Provinsi Jambi.

“Gubernur Jambi menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya, yang telah dicapai oleh SMAN 3 Muaro Jambi, atas suksesnya penyelenggaraan PENSI SMAN 3 Muaro Jambi, yang mengusung tema Inovatif, Kreatif dan Inspiratif. Saya, selaku Gubernur Jambi, sangat mendukung sekali kegiatan ini. Dengan adanya Pensi Sekolah tersebut, diharapkan siswa dapat lebih mengembangkan kemampuannya, melalui ajang kreativitas siswa,” ungkapnya.

“Siswa pun mampu lebih meningkatkan pengembangan minat dan bakatnya di bidang seni dan budaya, melalui aneka pertunjukan ragam pentas seni yang diselenggarakan di SMA Negeri 3 Muaro Jambi ini. Guna untuk mendukung kompetensi siswa, dan peningkatan kualitas SDM seluruh peserta didik dalam meraih prestasi sekolah (sekaligus mampu mengharumkan nama sekolah) kedepannya. Serta peningkatan kemampuan dan keahlian yang digali dari potensi minat dan bakat yang dimiliki siswa tersebut, justru mampu menjadi bekal bagi peserta didik itu sendiri, untuk hidup di tengah masyarakat,” paparnya.

Acara PENSI SMAN 3 Muaro Jambi 2024, turut dihadiri sejumlah tokoh pendidikan serta kalangan pimpinan sekolah di tingkat SD dan SMP se-Kecamatan Mestong, serta kehadiran pejabat pemerintahan di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Muaro Jambi, seperti Kehadiran Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat pada Kantor Sekretariat Daerah Pemerintah Kabupaten Muaro Jambi, Sukisno, MM, yang datang menghadiri undangan atas nama Penjabat (Pj) Bupati Muaro Jambi, Bachyuni Deliansyah, SH, MH, dan Camat Mestong Hermisah Putra, SE.

Camat Mestong, Hermisah Putra, yang didaulat membuka acara PENSI SMAN 3 Muaro Jambi tahun 2024, turut mengapresiasi kegiatan tersebut. Hermisah Putra berharap event ini, terus rutin diselenggarakan oleh sekolah. Sehingga siswa mampu lebih mengembangkan potensi minat dan bakat yang dimilikinya, melalui ajang kreativitas acara pentas olah seni budaya sekolah di masyarakat.

Berikutnya kehadiran Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pemerintah Kabupaten Muaro Jambi, Firdaus, S.Ag, MM, diwakilkan Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pemerintah Kabupaten Muaro Jambi, Suirman, S.Pd, juga turut hadir Korwil Dinas Pendidikan Kecamatan Mestong, Agus Subowo, S.Pd.

Suksesnya acara PENSI SMAN 3 Muaro Jambi 2024 ini, juga ada andilnya dari beberapa sponsorship yang mendukung acara. Sekaligus turut mensukseskan dan memeriahkan acara pensi sekolah tersebut.

Diantaranya Projek-in, perwakilan Yamaha, Panca Motor dan Kopi PAMAN. Serta dukungan oleh para Alumni SMAN 3 Muaro Jambi selama ini. Dukungan pihak kampus dan Perguruan Tinggi di Jambi, seperti Universitas Nurdin Hamzah (UNH) Jambi, Politeknik Jambi dan lain-lain. Juga acara pensi kali ini, disukseskan dengan keikutsertaan berdirinya tenda stand-stand Bazar Kuliner yang digelar oleh siswa/siswi SMAN 3 Muaro Jambi.

Yang ikut meramaikan, turut memamerkan hasil karya khas kulinernya dalam pameran inovatif dan kreativitas siswa sebagai bagian dari penguatan P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) Kurikulum Merdeka Belajar, dan kunjungan ke gerai Sanggar Batik milik sekolah yakni BASMANTI (Batik Sanggar SMAN 3 Muaro Jambi) yang menjadi produk unggulan sekolah di tingkat Provinsi Jambi sampai sekarang. (Afrizal)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan