Kabarnegeri
Beranda Birokrasi Kota Jambi 34 Siswa SMAN 11 Kota Jambi Berhasil Lulus Tes Masuk PTN Melalui SNBP 2024

34 Siswa SMAN 11 Kota Jambi Berhasil Lulus Tes Masuk PTN Melalui SNBP 2024

KOTA JAMBI (KABARNEGERI.NET) – Luar Biasa, dan patut diacungi jempol kepada prestasi anak-anak SMANSEB (sebutan akrab untuk menyingkat nama sekolah SMA Negeri 11 Kota Jambi ini). Sebanyak 34 orang siswa/siswi SMA Negeri 11 Kota Jambi berhasil masuk seleksi ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tahun ini, melalui Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2024 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia.

Kepala SMA Negeri 11 Kota Jambi, Drs. APP Sitorus, M.Pd, melalui Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum pada SMA Negeri 11 Kota Jambi, Rida Novrida, S.Pd, M.Si, mengungkapkan tahun 2024 ini sebanyak 34 orang siswa/siswi dari Kelas XII SMA Negeri 11 Kota Jambi berhasil diterima di PTN di tanah air. Ke-14 siswa/siswi tersebut, sebutnya, masing-masing 16 orang siswa/siswi Kelas XII IPA, dan 18 orang siswa/siswi Kelas XII IPS.

Dipaparkan Rida Novrida bahwa ke-34 orang siswa/siswi Kelas XII SMA Negeri 11 Kota Jambi ini, sebutnya mendaftar langsung menggunakan akun siswa yang bersangkutan, dan anak-anak tersebut yang membuat akunnya sendiri untuk mendaftarnya.

“Untuk pengumuman kelulusan tes masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN), melalui Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) tahun 2024. Anak-anak kami ini, mereka membuat akun sendiri, dan mendaftar langsung ke akun SNBP milik Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia, yakni akun snpmb.kemendikbud.go.id. Akun SNPMB ini pun, juga untuk mendaftar sekaligus juga mendaftar SNBT (Seleksi Nasional Berdasarkan Tes), yakni untuk pendaftaran UTBK-SNBT (Ujian Tertulis Berbasis Komputer-Seleksi Nasional Berdasarkan Tes) 2024,” terang alumnus Universitas Indonesia (UI), Depok ini.

Rida Novrida seraya menambahkan pihak sekolah telah berhasil melaksanakan USBA (Ujian Sekolah Berbasis Android) bagi semua siswa/siswi Kelas XII di lingkungan SMA Negeri 11 Kota Jambi pada Semester Genap Tahun Pelajaran 2023-2024.

“Untuk diketahui bahwa semua siswa dan siswi Kelas X, dan Kelas XI di lingkungan SMA Negeri 11 Kota Jambi, telah melaksanakan Kurikulum IKM (Implementasi Kurikulum Merdeka) pada Tahun Pelajaran 2023-2024. Sementara untuk siswa dan siswi Kelas XII SMA Negeri 11 Kota Jambi, masih (tetap) menggunakan Kurikulum 2013 (K-13). Sehingga untuk ujian sekolah bagi semua siswa dan siswi Kelas XII tersebut, sekolah menyelenggarakan ujian sekolah pada Semester Genap Tahun Pelajaran 2023-2024 ini, yang terdiri dua kali ujian tes. Masing-masing yaitu Ujian Praktek (UP), dan Ujian Tertulis Berbasis Android (UTBA),” tuturnya.

Ujian Praktek bagi semua siswa/siswi Kelas XII yang diselenggarakan oleh pihak sekolah pada Semester Genap Tahun Pelajaran 2023-2024, masih ungkapnya, ujian akhir siswa dalam memperoleh penilaian keterampilan siswa. Sedangkan untuk ujian tertulis, yaitu UTBA (Ujian Tulis Berbasis Android) sudah dilaksanakan berlangsung selama bulan suci Ramadhan 1445 H, yakni 25 Maret-2 April 2024.

“Untuk penilaian terhadap semua siswa/siswi Kelas XII pada materi Kurikulum 2013 (K-13) tahun ini, ada tiga penilaian. Masing-masing penilaian itu, yakni pemilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Untuk keterampilan tersebut, maka sekolah (wajib) melaksanakan Ujian Praktek (UP) terhadap semua siswa dan siswi Kelas XII di lingkungan SMA Negeri11 Kota Jambi. Untuk ujian tulis ini, semua siswa dan siswi Kelas XII IPA sebanyak 14 mata pelajaran (mapel) yang diujiankan, dan semua siswa Kelas XII IPS juga sebanyak 14 mapel,” jelasnya. (Afrizal)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan