Kabarnegeri
Beranda Birokrasi Kota Jambi Pj. Wali Kota Sri: Hari Pendidikan Nasional Momen Promosi Adat dan Budaya

Pj. Wali Kota Sri: Hari Pendidikan Nasional Momen Promosi Adat dan Budaya

JAMBI (KABARNEGERI.NET) Memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi melaksanakan upacara bendera, yang diikuti oleh para pejabat dan Forkopimda di lingkup Pemerintah Kota Jambi, bertempat di Lapangan Utama Kantor Wali Kota, Senin (06/05/2024). 

Mengenakan pakaian adat Jambi, Penjabat (Pj) Wali Kota Jambi, Sri Purwaningsih bertindak sebagai inspektur upacara Hardiknas yang jatuh pada setiap tanggal 2 Mei. “Upacara dalam rangka Hardiknas ini seharusnya dilaksanakan tepat pada 2 Mei. Namun karena siswa-siswi kelas IX masih ujian jadi baru dilangsungkan pada hari ini,” ucap Pj. Wali Kota.

Di kesempatan ini, Sri Purwaningsih membacakan sambutan serta arahan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, yang mengatakan bahwa gerakan Merdeka Belajar dalam lima tahun kepemimpinannya semakin menyadarkan tentang tantangan dan kesempatan dalam memajukan pendidikan Indonesia.

“Bukan hal yang mudah untuk mentransformasi sebuah sistem yang sangat besar. Bukan tugas yang sederhana untuk mengubah perspektif tentang proses pembelajaran, perubahan butuh perjuangan. Rasa tidak nyaman menyertai setiap langkah menuju perbaikan dan kemajuan. Mulai dari pandemi Covid, ombak kencang dan karang tinggi sudah dilewati bersama. Kini, kita sudah mulai merasakan perubahan terjadi. Wajah baru pendidikan dan kebudayaan Indonesia sedang kita bangun bersama dengan gerakan merdeka belajar. Kita sudah mendengar lagi anak-anak Indonesia berani bermimpi karena merasa merdeka saat belajar di kelas. Kita sudah melihat lagi guru-guru yang berani mencoba hal-hal baru karena mereka mendapatkan kepercayaan untuk mengenal dan menilai murid-muridnya. Kita sudah menyaksikan lagi para mahasiswa yang siap berkarya dan berkontribusi karena ruang untuk belajar tidak lagi terbatas di dalam kampus. Dan kita sudah merayakan lagi semarak karya-karya yang kreatif karena seniman dan pelaku budaya terus didukung untuk berekspresi,”  ucap Sri membacakan sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Dalam sambutan tersebut juga, sebagai Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Makarim berharap Merdeka Belajar agar dapat terus dilanjutkan, demi membawa Indonesia melompat ke masa depan.

“Saya titipkan merdeka belajar kepada anda semua para tenaga pendidik, para penggerak perubahan yang tidak mengenal kata menyerah. Saya ucapkan terima kasih banyak atas perjuangannya, apa yang telah kita jalankan harus diteruskan sebagai gerakan yang berkelanjutan,” tutup Nadiem.

Sementara itu, kepada awak media Sri mengatakan, dalam pelaksanaan upacara Hardiknas tahun 2024 ini sekaligus ajang memperkenalkan budaya khususnya pakaian adat yang dikenakan para peserta dan pembina upacara.

“Hari ini semuanya menggunakan pakaian adat dari Sabang sampai Merauke, sebagai ajang memperkenalkan keberagaman di Indonesia. Jadi peringatan Hardiknas ini juga sebagai momen yang kami gunakan sebagai bentuk dari promosi dan sosialisasi keluar. Agar orang di luar sana tahu bagaimana keaslian pakaian khas Jambi seperti yang saya gunakan hari ini,” kata Sri.

Lebih lanjut, Sri juga berpesan kepada generasi muda sebagai penerus bangsa, khususnya untuk Kota Jambi agar mengetahui keberagaman daerah dan budaya supaya tidak hilang digerus zaman. “Saya minta kepada generasi penerus bangsa anak-anak kita dari SD, SMP, SMA hingga perguruan tinggi supaya mengenali budaya-budaya kita, karena Kota Jambi jni berbeda dengan daerah yang lainnya,” pesan Sri.

Pada kesempatan ini, Pj. Wali Kota Jambi juga memberikan penghargaan kepada para siswa-siswi dan guru berprestasi, sekaligus memberikan hadiah kepada lima orang guru yang akan memasuki masa purna bakti, dengan memberikan pensiunan Taspen. (eco)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan