Kabarnegeri
Beranda Birokrasi Kabupaten Muaro Jambi Perjuangan Warga Lingkungan IV Kelurahan Tempino Untuk Memiliki Desa Ditunggu Publik Muaro Jambi

Perjuangan Warga Lingkungan IV Kelurahan Tempino Untuk Memiliki Desa Ditunggu Publik Muaro Jambi

MUARO JAMBI (KABARNEGERI.NET) – Ketua Lingkungan IV, Kelurahan Tempino, Untung R (65 tahun) mengungkapkan semua warga dan masyarakat di seluruh wilayah dalam Lingkungan IV, Kelurahan Tempino, Kecamatan Mestong. Berkeinginan sangat kuat untuk membentuk sebuah Desa baru di wilayahnya, dan ingin melepaskan dari bagian wilayah Pemerintahan Kelurahan Tempino yang sudah diperjuangkan selama empat tahun terakhir, sejak tahun 2021 lalu hingga sekarang mulai ada kejelasan.

Nama Desa baru itu, namanya adalah Desa Suka Mulya. Demikian terungkap dalam kunjungan silaturrahmi di rumah kediaman Tokoh Masyarakat Tempino, Untung R. Sekaligus Untung R, saat ini masih menjabat sebagai Ketua Lingkungan IV, tinggal di RT 17, Lingkungan IV, Kelurahan Tempino, Kecamatan Mestong, Sabtu (01/06/2024).

Dijelaskan Untung bahwa semua tokoh masyarakat Lingkungan IV, Kelurahan Tempino yang terdiri dari 7 wilayah Rukun Tetangga (RT), serta Tuo-tuo Tengganai, para alim ulama, kaum cerdik pandai dan tokoh pemuda yang sudah lama bermukim dan tinggal di wilayah Lingkungan IV. Selama empat tahun terakhir ini, sudah sangat gigih sekali bekerja dan berjuang keras untuk memiliki dan membentuk sebuah desa baru kedepannya.

Guna mampu mensejahterakan dan memakmurkan seluruh warga dan masyarakat yang tinggal di Lingkungan IV, Kelurahan Tempino ini. Sekaligus juga, harapan Untung, seluruh masyarakat pun mampu menata kemajuan kampungnya sendiri. Sehingga harapan seluruh masyarakat menjadi lebih baik lagi dan lebih maju lagi kedepannya. Apabila sudah berhasil terbentuk menjadi sebuah Desa sekaligus mampu membentuk sebuah Pemerintahan Desa (Pemdes) baru kedepannya.

“Sejak tahun 2021 yang lalu, sampai sekarang. Semua Tokoh Masyarakat di wilayah Lingkungan IV, Kelurahan Tempino, antara lain dukungan yang diberikan oleh semua Ketua-ketua RT (Rukun Tetangga) se-Lingkungan IV, yang berjumlah tujuh orang ketua RT saat ini. Masing-masing yaitu, Ketua RT 17, yaitu Sunardi. Ketua RT 18 yaitu Apriani, Ketua 19 yaitu Sulistiono, Ketua RT 20 yaitu Sobirin, Ketua RT 21 yaitu Suparno, Ketua RT 22 Sopian Iskandar, dan Ketua RT 23 yaitu Suhardini. Ditambah lagi dukungan oleh Tuo-tuo Tengganai yang ada, yakni Subagio,S.PdI, para alim ulama dan kaum cerdik pandai yaitu Sutrisno,SH, serta tokoh pemuda Lingkungan IV, Kelurahan Tempino. Sudah lama sekali, kami semua warga disini, sangat gigih berjuang kesana-kemari selama empat tahun terakhir ini. Sejak tahun 2021 yang lalu sampai sekarang, untuk berkeinginan memiliki dan membentuk sebuah Desa baru, khususnya di wilayah Bagian Lingkungan IV, Kelurahan Tempino, Kecamatan Mestong,” jelasnya.

Dijelaskan Untung bahwa segala upaya dan kerja keras seluruh warga Lingkungan IV melalui perjuangan sungguh-sungguh dilakukan tokoh-tokoh masyarakat dan tokoh pemuda Lingkungan IV untuk membentuk sebuah Desa baru memperoleh kejelasan. Dimulai dengan menggelar serangkaian acara pertemuan dan rapat-rapat di tingkat internal warga khususnya di wilayah Lingkungan IV, Kelurahan Tempino.

Juga seringkali para perwakilan tokoh masyarakat dan tokoh pemuda Lingkungan IV, Kelurahan Tempino mengadakan rapat-rapat dan menggelar berbagai pertemuan membahas itu di Kantor Kelurahan Tempino. Dihadiri langsung oleh Lurah Tempino sekarang. Sampai berulangkali rutin menggelar pertemuan dengan pejabat-pejabat terkait di lingkungan Pemda (Pemerintah Daerah) Kabupaten Muaro Jambi dari instansi/dinas terkait di lingkungan Kantor Pemda Kabupaten Muaro Jambi di Komplek Perkantoran Bupati Muaro Jambi di Bukit Cinto Kenang, Sengeti, Kecamatan Sekernan.

“Dalam pertemuan di tingkat Pemda, yang juga ikut dihadiri oleh Camat Mestong maupun perwakilan dari Pemerintah Kecamatan Mestong. Juga dari pihak Kantor Lurah Tempino itu sendiri, yang turut ikut menghadiri pertemuan yang digelar di Kantor Pemda Kabupaten Muaro Jambi di Komplek Perkantoran Bupati Muaro Jambi di Komplek Bukit Cinto Kenang, Sengeti kami sudah sering membahasnya selama empat tahun terakhir ini, sejak tahun 2021 lalu. Intinya adalah, bahwa harapan semua warga dan seluruh masyarakat di wilayah Lingkungan IV, Kelurahan Tempino sudah bersepakat semua untuk membentuk sebuah Desa baru di Lingkungan IV, Kelurahan Tempino ini, dan nama Desa baru itu pun, sudah ada namanya yakni Desa Suka Mulya,” tuturnya.

Lanjutnya penggagas lainnya disamping dia sendiri, kata Untung, juga ada nama tokoh-tokoh masyarakat di Lingkungan IV lainnya, seperti Subagio, S.PdI dan Sutrisno, SH yang juga ikut serta dalam upaya pembentukkan rencana untuk memiliki desa baru, Desa Suka Mulya di Kecamatan Mestong ini. Juga dukungan kuat oleh seluruh ketua-ketua RT dalam wilayah Lingkungan IV, Kelurahan Tempino serta tokoh pemuda Lingkungan IV yang telah berulang kali mengadakan rapat-rapat dan pertemuan rutin diselenggarakan Pemerintah Kelurahan Tempino dan Pemda.

Pada titik tertentu, sebut Untung, segala upaya dan kerja keras masyarakat selama ini oleh tokoh masyarakat Lingkungan IV tersebut. Akhirnya berbuah hasil yang menggembirakan semua warga dengan disetujuinya dan dikeluarkannya sebuah Rekomendasi oleh Pemerintah Kelurahan Tempino untuk membentuk Desa di wilayah Lingkungan IV, yakni Desa Suka Mulya.

“Kami semua warga disini, yang sebagaian besar 70 persen lebih. Kehidupan sehari-harinya adalah bermata pencaharian sebagai petani dan pekebun. Kami semua warga di wilayah Lingkungan IV ini, begitu sangat gembira sekali dengan hasil tersebut, dan juga segera ada kejelasannya dan menjadi terang benderang mengenai kejelasan untuk rencana pembentukkan Desa baru, Desa Suka Mulya di wilayah bagian Lingkungan IV, bagian dari wilayah Kelurahan Tempino kedepannya ini. Disamping hasil yang kita dapat, dengan sudah memperolehnya Rekomendasi dari Pemerintahan Kelurahan Tempino. Juga sudah dibuat Pemetaan (sebuah Peta Desa) oleh instansi terkait di Pemda Kabupaten Muaro Jambi. Yang mana awal dari hasil yang menggembirakan ini, sudah memberikan kepastian bagi kami semua disini, seluruh warga di Lingkungan IV kedepannya,” pungkasnya.

Sementara di sisi lain terkait harapan seluruh warga Lingkungan IV, Kelurahan Tempino khususnya perlu adanya dukungan politik yang kuat dari seluruh wakil rakyat di DPRD Kabupaten Muaro Jambi, terutama semua wakil rakyat dari seluruh lintas partai politik (parpol) yang menjadi Anggota Legislatif (Aleg) terpilih di DPRD Muaro Jambi periode 2024-2029 dari Daerah Pemilihan (Dapil) Muaro Jambi 4 (meliputi Kecamatan Mestong dan daerah Bahar Grup mencakup Kecamatan Sungai Bahar, Kecamatan Bahar Selatan, dan Kecamatan Bahar Utara) yang berhasil lolos dalam Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak 14 Februari 2024 lalu.

Adapun jumlah warga yang tinggal di Lingkungan IV, Kelurahan Tempino mencapai 800-an lebih Kepala Keluarga (KK), dengan jumlah penduduk sekitaran 2000-an jiwa lebih yang tinggal di tujuh RT, masing-masing yaitu RT 17, RT 18, RT 19, RT 20, RT 21, RT 22, dan RT 23. Untuk luas wilayah Lingkungan IV, Kelurahan Tempino seluruhnya lebih kurang 500 hektar saat ini. Selanjutnya, masih ungkap Untung, wilayah Lingkungan IV, Kelurahan Tempino juga telah berdiri perusahaan-perusahaan, seperti perusahaan pengaspalan yakni PT Abun Sendi dan perusahaan alat berat, perusahaan bibit sawit dan lain-lainnya.

“Kami semua warga di Lingkungan IV, Kelurahan Tempino sangat berharap juga didukung oleh semua Anggota Dewan di DPRD Kabupaten Muaro Jambi yang telah berhasil terpilih dalam Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak 2024 lalu, terutama perlu dukungan politik oleh semua wakil rakyat yang berhasil terpilih dari Daerah Pemilihan (Dapil) Muaro Jambi 4 khususnya pada Pemilu Serentak 2024 yang berhasil menjadi Anggota Legislatif (Aleg) untuk lima tahun periode kedepannya (periode 2024-2029). Karena pada Pemilu Serentak tanggal 14 Februari 2024 yang lalu. Sebanyak enam Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang berada di Lingkungan IV, Kelurahan Tempino ini, semua partai politik (parpol) peserta pemilu pun mendapat suara oleh warga pada Pemilu Serentak 2024,” demikian paparnya. (Afrizal)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan