Kabarnegeri
Beranda Birokrasi Kota Jambi Pimpin Upacara Hari Pancasila, Sekda A. Ridwan Bacakan Amanat Kepala BPIP RI

Pimpin Upacara Hari Pancasila, Sekda A. Ridwan Bacakan Amanat Kepala BPIP RI

JAMBI (KABARNEGERI.NET) Bertempat di Lapangan Utama Kantor Wali Kota, Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi menyelenggarakan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 yang dihadiri oleh seluruh pejabat dan pegawai, serta Forkopimda dan instansi vertikal dilingkungan Pemkot Jambi, Sabtu (01/06/2024).

Bertindak selaku Inspektur Upacara, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Jambi, A. Ridwan yang mewakili Penjabat (Pj) Wali Kota Jambi, Sri Purwaningsih, memimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 yang mengusung tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045″.

Di kesempatan ini, Sekda A. Ridwan membacakan sambutan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) RI, Prof. Drs. K. H. Yudian Wahyudi. Dalam sambutannya, disampaikan bahwa Presiden Pertama Republik Indonesia yang juga seorang Proklamator, Soekarno, memperkenalkan Pancasila melalui pidatonya pada tahun 1945 di depan sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPK).

“Dengan mengusung tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”, tema ini mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat,” ucap Sekda A. Ridwan membacakan sambutan Kepala BPIP.

Dalam momentum Hari Lahir Pancasila ini, pemerintah mengajak komponen bangsa dimanapun berada untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Karena Pancasila terbukti mampu mempersatukan dalam menghadapi beragam gelombang tantangan dan ujian sejarah, sehingga sampai dengan saat ini Indonesia tetap berdiri kokoh dan tangguh sebagai bangsa yang besar.

“Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia. Dan menjadi bintang yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendirian negara. Sedangkan sebagai leitstar dinamis Pancasila merupakan bintang penuntun yang membawa Indonesia pada gerbang kemajuan dan kemakmuran di era globalisasi teknologi dan informasi sekarang ini,” jelasnya.

“Lebih dari itu, saya mengajak kepada seluruh komponen bangsa untuk mengarus utamakan Pancasila dengan metode dan cara-cara kekinian dalam menyongsong bonus demografi yang akan menempatkan kaum milenial dan Gen-Z sebagai pelaku utama pembangunan bangsa. Kami mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama bergotong royong merawat anugerah Pancasila melalui peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni. Kita harus bekerja sama dan berkolaborasi menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila,” pungkas Kepala BPIP RI.

Sementara itu, Sekda Kota Jambi secara singkat memaknai inti Hari Lahir Pancasila tahun 2024. Dirinya berharap agar generasi muda bisa selalu mengingat hari bersejarah ini dan perjuangan yang ada di dalamnya.

“Intinya kita juga menginginkan memupuk generasi muda mengingat Hari Lahirnya Pancasila. Bahwa ini menjadi kegiatan setiap tahun kita lakukan tidak semata-mata diperingati, tetapi juga harus kita resapi sesuai amanat yang disampaikan Kepala BPIP RI,” singkat Sekda A. Ridwan. (eco)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan