Kabarnegeri
Beranda Birokrasi Kabupaten Muaro Jambi USB SMAN 17 Muaro Jambi Laksanakan UKKBA Semester Genap TP 2023-2024

USB SMAN 17 Muaro Jambi Laksanakan UKKBA Semester Genap TP 2023-2024

MUARO JAMBI (KABARNEGERI.NET) – Kepala SMA Negeri 17 Muaro Jambi, Eko Purwadi, S.Si, mengungkapkan segala persiapan untuk melaksanakan Ujian Kenaikan Kelas Berbasis Android (UKKBA) pada Semester Genap Tahun Pelajaran 2023-2024 bagi seluruh peserta didiknya yakni seluruh siswa/siswi Kelas X di lingkungan Unit Sekolah Baru (USB) SMA Negeri 17 Muaro Jambi sudah final segera dilaksanakan Senin, 3 Juni 2024.

“Pelaksanaan Ujian Kenaikan Kelas Berbasis Android (UKKBA) bagi seluruh peserta didik Semester Genap Tahun Pelajaran (TP) 2023-2024 di lingkungan SMA Negeri 17 Muaro Jambi (akan) dilaksanakan mulai Senin ini, pada 3 Juni 2024 sampai dengan hari Jumat (7 Juni 2024) mendatang,“ sebutnya.

“Untuk semua siswa/siswi Kelas X di lingkungan SMA Negeri 17 Muaro Jambi ini, semuanya menggunakan Kurikulum 2023 (K-13) hasil Revisi tahun 2022. Terkait soal-soal dalam ujian kali ini. Masing-masing setiap harinya, ada tiga mapel (mata pelajaran) yang diujiankan kepada peserta ujian,” lanjutnya saat dikonfirmasi Kabarnegeri di ruang kerjanya, Kamis lalu (30/05/2024), Desa Kasang Pudak, Kecamatan Kumpeh Ulu, Kabupaten Muaro Jambi.

Dikatakan Eko Purwadi, sekolahnya adalah Unit Sekolah Baru (USB) yang didirikan oleh Pemeritah Daerah (Pemda) Provinsi Jambi dalam hal ini Kantor Dinas Pendidikan Pemerintah Provinsi Jambi pada 8 Februari 2023 yang lalu. SMA Negeri 17 Muaro Jambi tersebut, berdiri diatas lahan seluas 7.800 meter persegi, yang berada di Desa Kasang Pudak, Kecamatan Kumpeh Ulu.

“Jadi, sekolah kita ini (SMA Negeri 17 Muaro Jambi), sudah melaksanakan Hari Ulang Tahun (HUT) untuk pertama kalinya pada tanggal 8 Februari 2024 yang lalu. Dilaksanakan di dalam lingkungan sekolah kita, dengan pelaksanaan acara peringatan HUT sekolah dengan acara yang sederhana sekali,” ungkapnya kepada media online ini.

Ditambahkan seluruh siswa/siswi angkatan pertama yang bersekolah di dalam lingkungan USB SMA Negeri 17 Muaro Jambi sekarang ini, seluruhnya berjumlah lima Rombongan Belajar (Rombel) untuk semua peserta didik Kelas X pada Tahun Pelajaran 2023-2024 ini.

“Saat ini, sekolah kita, SMA Negeri 17 Muaro Jambi, sudah membuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2024-2025, yang rencananya akan dibuka sebanyak-banyaknya untuk peserta didik baru tahun 2024 ini. Untuk lebih jelasnya, silahkan mengunjungi situs kami, dan silahkan klik dengan alamat web sekolah kita, yaitu https://sman17mj.sch.id. Untuk informasi lebih lanjut tentang PPDB SMA Negeri 17 Muaro Jambi Tahun Pelajaran 2024-2025 ini, dapat dilakukan secara online,” paparnya.

Lanjutnya, bagi semua siswa/siswi Peserta Didik Baru (PDB) nanti, jelas Eko Purwadi, apabila jumlahnya peserta didiknya banyak. Maka pihak sekolah, menurutnya, bisa membuka dua jadwal kegiatan belajar di lingkungan sekolah. Penyelenggaraan untuk Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) tersebut, katanya, dibuka untuk Kelas Pagi dan Kelas Siang.

“Untuk jadwal KBM kelas paginya, kita melaksanakan kegiatan belajar di sekolah dimulai pukul 07.30-11.35 WIB. Kemudian untuk jadwal KBM saat kelas siangnya, dimulai pada pukul 12.15-17.00 WIB. Bagi siswa/siswi peserta didik baru nanti, sekolah kita melaksanakan Kurikulum KURNAS (Kurikulum Nasional) sesuai yang sudah ditetapkan Pemerintah, atau biasa menyebutkannya dengan Kurikulum Merdeka (KM) sekarang,” tuturnya.

Selanjutnya kegiatan ekstrakurikuler yang diselenggarakan pihak sekolah, sebut Eko, meliputi beragam kegiatan cabang olahraga dan permainan, seperti permainan Bola Voli (Volley Ball), olahraga Futsal, Bulutangkis (Badminton), serta kegiatan PRAMUKA (Praja Muda Karana) dan lain-lain.

Disinggung soal keberhasilan prestasi yang diraih oleh peserta didik Kelas X di lingkungan sekolah baru ini, untuk angkatan pertama yang sudah bersekolah di USB SMA Negeri 17 Muaro Jambi pada Tahun Pelajaran 2023-2024, ungkapnya, satu orang siswanya yaitu Destrianto (Siswa Kelas X MIA 1 SMA Negeri 17 Muaro Jambi) berhasil mengharumkan nama sekolah di tingkat Kabupaten Muaro Jambi.

Destrianto berhasil lolos seleksi masuk Tim Pasukan Pengibar Bendera Kabupaten Muaro Jambi mewakili sekolah untuk melakukan Pengibaran Bendera Merah Putih pada puncak peringatan HUT Kemerdekaan RI 17 Agustus 2024 di Komplek Perkantoran Bupati Muaro Jambi di Komplek Perkantoran Bukit Cinto Kenang, Sengeti, Kecamatan Sekernan, Kabupaten Muaro Jambi.

“Ada satu orang siswa kita, yaitu Destrianto. Siswa Kelas X MIA 1, yang mewakili SMA Negeri 17 Muaro Jambi berhasil ke tingkat kabupaten. Destrianto berhasil masuk Tim Pasukan Pengibar Bendera Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Muaro Jambi saat acara puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI 17 Agustus 2024 yang akan datang di Kantor Bupati Muaro Jambi,” ungkapnya.

Sedangkan penyelenggaraan event kejuaraan bergengsi antar pelajar tingkat SMA/SMK sederajat, yakni Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Tingkat Kabupaten Muaro Jambi Tahun 2024 untuk cabor Karate. Pelaksanaan event kejuaraannya pun sudah dilaksanakan di Padepokan Kota Baru, Kota Jambi 8 Maret 2024 lalu.

Pada event kejuaraan bergengsi tersebut, jelasnya, seorang siswinya yaitu Khairunnisya (Siswi Kelas X MIA 1 SMA Negeri 17 Muaro Jambi) sukses meraih Medali Emas untuk kejuaraan Karate O2SN tingkat pelajar se-Kabupan Muaro Jambi tahun 2024.

“Seorang siswi dari sekolah kita ini, yaitu Khairunnisya, siswi Kelas X MIA 1 SMA Negeri 17 Muaro Jambi. Dia telah mengharumkan nama sekolah kita di tingkat Kabupaten Muaro Jambi pada event kejuaraan bergengsi, yakni event Kejuaraan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Cabang Olahraga (Cabor) Karate di tingkat Kabupaten Muaro Jambi tahun 2024. Yang kejuaraannya dilaksanakan di Padepokan Dojo Karate Kota Baru, Kota Jambi pada tanggal 8 Maret 2024 yang lalu. Khairunnisya, siswi kita berhasil keluar Juara 1, dan berhasil meraih Medali Emas pada kejuaraan tersebut,” tuturnya. (Afrizal)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan