Kabarnegeri
Beranda Birokrasi Kabupaten Muaro Jambi Warga Desa Talang Kerinci Butuh Tiang Listrik

Warga Desa Talang Kerinci Butuh Tiang Listrik

MUARO JAMBI (KABARNEGERI.NET) – Kekecewaan sebagian warga Desa Talang Kerinci, Kecamatan Sungai Gelam yang rumahnya sampai sekarang masih belum ada tiang listrik yang layak dan jaringan listrik berstandar yang dibutuhkan untuk melakukan segala aktifitas dan kegiatan sehari-hari masyarakat setempat juga bagi penerangan rumah warga, ditanggapi oleh Pemerintah Desa Talang Kerinci yang sudah menyampaikan laporan soal keluhan warganya kepada Pemerintah Kecamatan Sungai Gelam, instansi teknis terkait di lingkup Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Muaro Jambi, Pemda Provinsi Jambi sampai kepada PLN Jambi.

Kepala Desa Talang Kerinci, Nyai Rita Susanti, melalui Sekretaris Desa Talang Kerinci, M. Ardiansyah menceritakan sebagian warga yang tinggal di beberapa RT dalam wilayah Desa Talang Kerinci, diantaranya warga yang tinggal di lingkungan RT 4, RT 5, RT 12, dan RT 13, menurutnya memang sangat membutuhkan tiang-tiang listrik yang layak dan berstandar beton dan jaringan listrik untuk penerangan rumahnya.

Disamping itu, tambah Ardiansyah, Kantor Kepala Desa Talang Kerinci pun sampai saat ini belum juga memiliki tiang listrik dan jaringan listrik memadai untuk pelayanan masyarakat setiap harinya.

“Kami mengharapkan sekali adanya solusi ini. Jalan keluar untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi warga saat ini, yang tinggal di beberapa RT yang ada di Desa Talang Kerinci untuk memperoleh tiang listrik dan jaringan listrik yang layak dan berstandar beton. Juga perlu saya sampaikan bahwa Kantor Kepala Desa Talang Kerinci pun sampai sekarang ini., juga belum ada tiang dan jaringan listrik yang layak dan berstandar untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat setiap harinya,” ungkapnya.

Lanjutnya, pihak Pemerintah Desa Talang Kerinci sudah berulang kali menyampaikan soal keluhan warga desa dan terganggunya pelayanan kepada masyarakat di kantor desa selama ini. Karena tidak adanya tiang-tiang listrik dan jaringan listrik sampai sekarang. Yang mana memang sangat dibutuhkan oleh masyarakat untuk kegiatan masyarakat sehari-hari kepada pihak-pihak terkait dan instansi teknis terkait, diantaranya kepada Pemerintah Kecamatan Sungai Gelam, Pemda Kabupaten Muaro Jambi, Pemda Provinsi Jambi dan PLN Jambi.

Disinggung soal jumlah kebutuhan tiang listrik dan jaringan listrik yang layak dan berstandar beton saat ini dibutuhkan warga desa maupun pelayanan masyarakat di Kantor Kepala Desa Talang Kerinci, sebutnya, jumlah yang dibutuhkan sebanyak 120 batang untuk tiang listrik yang layak berstandar beton tersebut.

Adapun untuk tiang listrik yang layak dibutuhkan sebanyak 120 batang itu, jelasnya, untuk target pengguna sebanyak 60 rumah tangga yang tinggal di beberapa RT dalam wilayah Desa Talang Kerinci ini, yaitu warga yang tinggal di RT 4, RT 5, RT 12, dan RT 13.

“Target tiang listrik dan jaringan listrik yang layak dan berstandar beton inilah, yang sangat kami butuhkan di Desa Talang Kerinci ini. Sehingga rumah warga dan pelayanan di kantor desa dapat memberikan pelayanan yang terbaik dan nyaman kepada masyarakat,” paparnya.

Diakuinya kebutuhan tiang-tiang listrik dan jaringan listrik yang layak dan berstandar beton tersebut, untuk menunjang kegiatan sehari-hari masyarakat juga dibutuhkan oleh Pemerintah Desa Talang Kerinci selama ini. Terutama sekali, usaha kegiatan UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) masyarakat justru sangat bergantung sekali kepada listrik.

Sedangkan untuk proses pelayanan kepada masyarakat di Kantor Kepala Desa Talang Kerinci, menurutnya. sama halnya sangat bergantung sekali dengan listrik. Dalam upaya membantu Pemda mensejahterakan masyarakat, memberikan rasa aman dan kenyamanan di Desa Talang Kerinci, Kecamatan Sungai Gelam.

Ditambahkan Kepala Seksi Kesejahteraan (Kasi Kesra) pada Kantor Kepala Desa Talang Kerinci, Herman Nurgauk mengungkapkan sampai sekarang, Kantor Kepala Desa Talang Kerinci yang sehari-harinya memberikan pelayanan kepada masyarakat belum ada jaringan listrik yang layak dan memadai. Sehingga dengan terpaksa harus menarik kabel listrik sejauh 1,5 kilometer melewati kebun warga setempat.

“Untuk diketahui bahwa sampai saat ini, listrik belum ada di Kantor Kepala Desa Talang Kerinci. Justu kita di kantor desa ini, terpaksa harus menarik kabel listrik sejauh 1,5 kilometer melewati kebun warga. Demikian juga warga yang lainnya. Karena jalan poros ke kantor desa belum ada tiang listrik. Begitu juga dengan warga lainnya yang belum ada tiang listrik yang layak sampai saat ini, juga terpaksa harus menarik kabel jauh dari lingkungan lokasi rumahnya,” jelasnya. (Afrizal)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan