Kabarnegeri
Beranda Ekonomi Geliat Kelompok Ibu-ibu UMKM Sumber Rasa Andalan Desa Sungai Gelam

Geliat Kelompok Ibu-ibu UMKM Sumber Rasa Andalan Desa Sungai Gelam

MUARO JAMBI (KABARNEGERI.NET) – Kelompok ibu-ibu UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) Sumber Rasa yang menjadi andalan Desa Sungai Gelam sudah beranggotakan 40 orang lebih ini. Kini telah mampu memberikan kontribusi nyata bagi upaya mendongkrak perekonomian rakyat desa dengan memperoleh penghasilan (income) tambahan bagi kebutuhan ibu-ibu rumah tangga desa setempat. Sekaligus mampu membantu keluarga dan anak-anaknya yang telah memiliki usaha kecil, skala mikro dan menengah di Desa Sungai Gelam selama ini. Demikian ungkap Ketua Kelompok Ibu-ibu UMKIM Sumber Rasa Desa Sungai Gelam, Pitri Apriyani kepada Kabarnegeri beberapa waktu lalu.

Diceritakan Pitri Apriyani soal sejarah awal mula berdirinya kelompok UMKM Sumber Rasa di Desa Sungai Gelam, Kecamatan Sungai Gelam ini. Dulu awalnya masih bernama Kelompok Ibu-ibu UMKM RASA JEMPOL (menggunakan gambar jari Jempol).

Selanjutnya oleh Kepala Desa Sungai Gelam saat itu, Datuk Hasannuddin diubah namanya menjadi Kelompok ibu-ibu UMKM SUMBER RASA. “Sesuai dengan keluarnya Surat Keputusan Kepala Desa Sungai Gelam Nomor 80 Tahun 2021, bertanggal 6 Desember 2021 lalu. Maka namanya (diubah) menjadi UMKM Sumber Rasa,” sebutnya.

Ditambahkan adapun manfaat dan keuntungan anggota kelompok ibu-ibu UMKM Sumber Rasa di Desa Sungai Gelam sekarang ini, justru produk hasil usaha jualannya telah mampu menembus pasar di seluruh daerah kabupaten dan kota di Provinsi Jambi. Bahkan bisa menjangkau ke seluruh wilayah Indonesia sesuai ketentuan dan aturan berlaku dalam bidang perizinan UMKM dikeluarkan resmi oleh instansi terkait dalam lingkup kewenangan Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jambi maupun Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian Agama terkait sertifikat Halal.

“Untuk menjadi anggota kelompok ibu-ibu UMKM Sumber Rasa Desa Sungai Gelam, syaratnya pun mudah yaitu memiliki usaha dan tinggal di Desa Sungai Gelam. Kemudian yang bersangkutan pun harus memiliki izin usaha bersertifikat yang resmi dikeluarkan oleh Pemerintah, yakni memiliki Sertifikat NIB (Nomor Induk Berusaha), besertifikat produksi PIRT (Pangan Industri Rumah Tangga) dan memiliki Sertifikat Halal,” ungkapnya.

“Untuk mengurus izin-izin usaha tersebut, bisa diajukan kepada kami, atau bisa juga datang langsung ke kantornya. Untuk perizinan bersertifikat NIB dan PIRT, maka yang bersangkutan dapat langsung mengurus sendiri ke Kantor Pusat Layanan Terpadu Pemerintah Provinsi Jambi di Kota Jambi. Sementara untuk mengurus perizinan sertifikat Halalnya, yang bersangkutan dapat mengurusnya langsung ke Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Jambi di Kota Jambi,” tuturnya.

Setelah memiliki perizinan bersertfikat NIB, PIRT dan jaminan sertifikat Halal, tambahnya, keuntungan pemilik usaha yang sudah bergabung ke dalam kelompok UMKM Sumber Rasa khususnya. Mereka justru bisa berjualan langsung ke masyarakat, seperti menjual produknya ke minimarket, supermarket, swalayan, mall dan lain-lain.

“Jika tidak ada izin-izin NIB, PIRT dan sertifikat Halal ini. Justru kita tidak bisa menjualnya. Malah, kitanya yang rugi,” ujar Pitri, yang juga pemilik usaha UMKM “Dzakiyya Snack” di Jalan Pramuka, RT 33, Paal 8, Dusun 3 Proyek, Desa Sungai Gelam ini.

Kedepannya harapan seluruh anggota Kelompok UMKM Sumber Rasa Desa Sungai Gelam ini, ungkapnya, dapat memiliki kantor sekretariat UMKM sendiri beserta bangunan Galeri UMKM di dalamnya.

“Kami semua anggota Kelompok UMKM Sumber Rasa. Punya harapan besar agar kedepannya harapan dari kelompok ibu-ibu UMKM di Desa Sungai Gelam ini, bisa memiliki Kantor Sekretariat UMKM sendiri. Sekaligus juga, memiliki bangunan khusus yaitu sebuah Galeri UMKM milik kelompok ibu-ibu UMKM Sumber Rasa Desa Sungai Gelam. Yang mana fungsi dan tujuannya di dalam Galeri UMKM tersebut, semua produk-produk hasil UMKM dari kelompok ibu-ibu UMKM Sumber Rasa di Desa Sungai Gelam dapat dipampang disana, atau dipamerkan di etalase-etalase di bangunan khusus Galeri UMKM. Tentunya juga, segala produk-produk hasil usaha jualan dari kelompok UMKM Sumber Rasa, yang kami miliki saat ini. Beserta oleh-oleh atau suvenir dan cendera mata dari kelompok UMKM kita, dapat dilihat langsung oleh pelanggan kita dan para pengunjung yang datang ke tempat Galeri UMKM milik kami,” jelasnya.

“Sangat bagus sekali, dalam rangka upaya kita untuk memasarkan semua hasil produk dari kelompok UMKM milik kita ke masyarakat luas. Itu saja harapan dari kami, semua ibu-ibu dari Kelompok UMKM Sumber Rasa di Desa Sungai Gelam ini. Apabila nantinya, sudah terbangun sebuah kantor sekretariat UMKM sendiri, juga berikut dengan bangunan Galeri UMKM Sumber Rasa di dalamnya. Kedepannya sudah mampu dikenal lebih luas ke masyarakat Jambi tentang segala produk-produk dari usaha Kuliner dan hasil Kriya (Kerajinan) khas milik Kelompok UMKM Sumber Rasa untuk bisa diketahui seluruh masyarakat yang ada di seluruh Kabupaten Muaro Jambi. Juga dapat menjangkau ke seluruh daerah kabupaten dan kota se-Provinsi Jambi. Bahkan juga menjangkau ke seluruh wilayah Indonesia,” paparnya. (Afrizal)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan