Kabarnegeri
Beranda Birokrasi Kabupaten Batanghari Pemkab Batanghari Laksanakan Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke-79

Pemkab Batanghari Laksanakan Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke-79

MUARA BULIAN (KABARNEGERI.NET) – Pemerintah Kabupaten Batanghari melaksanakan Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-79 tahun 2024 tingkat Kabupaten Batanghari. Upacara bertempat di alun-alun Batanghari, Sabtu pagi (17/08/2024) berlangsung dengan khidmat dan lancar.

Bupati Batanghari, Muhammad Fadhil Arief, SE bertindak sebagai Inspektur Upacara dengan mengusung tema “Nusantara Baru lndonesia Maju” sebagai refleksi untuk merepresentasikan tiga momen transisi penting yang tengah dihadapi oleh bangsa Indonesia, yaitu penyambutan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur dan pergantian tongkat estafet kepemimpinan presiden serta persiapan menuju visi Indonesia Emas 2045.

Upacara diawali dengan laporan komandan upacara oleh Kepala Unit Reskrim Polres Batanghari, Inspektur Polisi Satu (Iptu) D.A.L Tobing kepada Inspektur Upacara menandai dimulainya Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI tingkat Kabupaten Batang Hari.

Setelah itu dilanjutkan oleh Ketua DPRD Kabupaten Batanghari, Anita Yasmin, SE yang membacakan naskah Proklamasi yang pada 79 tahun lalu dikumandangkan oleh Sang Proklamator, Ir. Soekarno, sebagai tanda bahwa Indonesia telah merdeka dari belenggu penjajahan.

Selanjutnya, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Batanghari, Drs. Al Jufri, M.Pd.I memandu pembacaan do’a sebagai wujud syukur atas perjalanan panjang bangsa Indonesia dalam membangun dan mempertahankan kemerdekaan.

Tampak hadir di tribun kehormatan pada upacara tersebut, Wakil Bupati Batanghari, H. Bakhtiar, SP, Ketua dan Wakil Ketua TP-PKK Batanghari, Zulva Fadhil, SE dan Hj. Nuraini Zubir Bakhtiar beserta pengurus, Ketua DPRD Batanghari, Kapolres Batanghari, Kepala Kejari Batanghari, Komandan Kodim 0415/Jambi, Kepala PA/PN Muara Bulian, Kepala Kemenag Batang Hari, Kepala BNNK Batang Hari, Kepala ATR/BPN Batanghari, para Staf Ahli dan Asisten Setda Batanghari, seluruh Kepala OPD lingkup Pemkab Batanghari, para Pejabat Eselon III, unsur Organisasi Wanita Batanghari, dan peserta upacara yang berasal dari para ASN, PPPK dan PTT di masing-masing OPD, anggota TNI/Polri, BPBD, Satpol-PP, Tagana, anggota Damkartan, mahasiswa Universitas Graha Karya, mahasiswa Universitas Islam Batanghari dan PGSD, serta utusan pelajar tingkat SD, SMP, SMA/SMK/MA dan Pramuka.

Pelaksanaan upacara HUT RI tingkat Kabupaten Batanghari ini sesuai dengan surat edaran Menteri Sekretariat Negara Republik Indonesia Nomor B-16/M/S/TU.00.03/08/2024 tertanggal 6 Agustus 2024 tentang Pedoman Peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2024.

Pengibaran bendera Merah Putih yang diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya, diawali dengan penyerahan duplikat Bendera Merah Putih oleh Bupati Batanghari kepada anggota Paskibraka putri pasukan 8 pembawa baki, Joy Pasaribu, siswi SMA Negeri 2 Batanghari, berhasil ditunaikan dengan baik oleh para pasukan 45 Paskibraka yang terdiri dari anggota TNI/Polri dan putra/putri terbaik dari perwakilan sekolah tingkat SMA sederajat se-Kabupaten Batanghari, Sang Saka Merah Putih pun tampak gagah berkibar di halaman alun-alun Batanghari yang asri dan tertata rapi.

Selanjutnya, laporan Komandan Upacara kepada Inspektur Upacara bahwa upacara telah selesai dilaksanakan menjadi penutup rangkaian kegiatan upacara, dilanjutkan dengan penyerahan remisi secara simbolis kepada narapidana Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Muara Bulian dengan total keseluruhan berjumlah 502 orang dan narapidana Lembaga Binaan Khusus Anak Muara Bulian berjumlah 52 orang. (*)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan