Kabarnegeri
Beranda Birokrasi Kabupaten Muaro Jambi Upacara Bendera HUT Kemerdekaan RI ke-79 di Pondok Pesantren Sabilul Jannah Berlangsung Khidmat

Upacara Bendera HUT Kemerdekaan RI ke-79 di Pondok Pesantren Sabilul Jannah Berlangsung Khidmat

MUARO JAMBI (KABARNEGERI.NET) – Menyambut puncak peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia selalu diperingati setiap tanggal 17 Agustus setiap tahunnya. Genap diusianya yang ke- 79 tahun ini. Pondok Pesantren Sabilul Jannah Kabupaten Muaro Jambi, berlokasi di Jalan Sungai Macang, RT 5, Desa Gerunggung, Kecamatan Sekernan menggelar upacara pengibaran Bendera Merah Putih pada puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Proklamasi Kemerdekaan RI ke-79 tahun 2024.

Pelaksanaan upacara pengibaran Bendera Merah Putih HUT Proklamasi Kemerdekaan ke-79, Sabtu pagi (17/08/2024) pukul 08.00 WIB yang berakhir pukul 09.50 WIB di halaman utama Pondok Pesantren Sabilul Jannah Kabupaten Muaro Jambi tersebut. Diikuti semua santri putra/santri putri beserta Majelis Guru berlangsung khidmat dan sederhana yang dipimpin langsung Pengasuh Pondok Pesantren Sabilul Jannah Kabupaten Muaro Jambi, Abah Kyai Ahmad Fauzi Al-Barbasy selaku Inspektur Upacara, didampingi Umi Nyai Nursutanti.

Upacara pengibaran Bendera Merah Putih di Pondok Pesantren Sabilul Jannah kali ini,  dilaksanakan penuh kesadaran, antusias dan semangat semua santri putra/santri putri dan Majelis Guru seraya merenungkan kembali tentang arti cinta kepada tanah air Indonesia pada kondisi dan situasi saat ini dan masa-masa mendatang.

Dengan merenungkan kembali peristiwa panjang perjalanan sejarah perjuangan merebut kemerdekaan oleh rakyat Indonesia selama ini. Betapa penuh semangat juang dan pengorbanan oleh para Pahlawan yang gugur sebagai Kusuma Bangsa, dalam upaya merebut Kemerdekaan Indonesia dari tangan Penjajah oleh bangsa-bangsa asing selama ratusan tahun lamanya di seluruh wilayah penjuru negeri tanah air Indonesia. 3,5 abad lebih lamanya oleh penjajah kolonial Belanda. Sekian tahun oleh penjajah Portugis dan kolonial Inggris, serta penjajahan kolonial Jepang selama 3,5 tahun. Sehingga para santri mampu memaknai lebih mendalam tentang pelaksanaan upacara pengibaran Bendera Merah Putih pada puncak momentum peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 dengan tema “NUSANTARA BARU, INDONESIA MAJU” tahun ini.

Sangat menarik sekali pelaksanaan upacara pengibaran Bendera Merah Putih di Pondok Pesantren Sabilul Jannah Kabupaten Muaro Jambi pada puncak peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-79 tahun 2024. Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) dilakukan oleh tiga santri putri terbaik. Masing-masing yakni Alifa Amelia Solehah (15 tahun), Herlina Lestari (15 tahun), dan Qeisya Jian Pertiwi (15 tahun).

Dalam pesan amanatnya Inspektur Upacara, Abah Kyai Ahmad Fauzi Al-Barbasy menyampaikan bahwa perjuangan kita sebagai rakyat di seluruh Indonesia dan Santri Pondok Pesantren Sabilul Jannah Kabupaten Muaro Jambi khususnya belum selesai. Perjuangan sesungguhnya sekarang ini dan kedepannya terutama para santri sebagai generasi mendatang, kata Abah Kyai Ahmad Fauzi, perjuangan yang terberat adalah melawan Kebodohan.

“Maka dari itu, kepada semua anak-anakku, Santriwan/Santriwati yang saya sayangi, yang sedang menempuh pendidikan agama di Pondok Pesantren Sabilul Jannah Kabupaten Muaro Jambi di Desa Gerunggung, Kecamatan Sekernan. Perjuangan untuk melawan Kebodohan tersebut, yakni dengan cara mengisi Kemerdekaan ini, adalah melalui karya nyata, belajar dengan tekun, berprestasi dan berkarakter positif dalam setiap kehidupan kita sehari-hari, kehidupan bermasyarakat, kehidupan berbangsa dan bernegara,” tegasnya.

“Tugas kita untuk mengisi Kemerdekaan ini, sebagai Santriwan dan Santriwati Pondok Pesantren Sabilul Jannah Kabupaten Muaro Jambi, adalah belajar, belajar dan terus belajar. Dengan penuh semangat dan istiqomah. Jadikan setiap hari, adalah kesempatan untuk berbuat baik demi Indonesia yang lebih maju dan sejahtera. Sesuai dengan tema yang diangkat tentang peringatan Hari Kemerdekaan RI yang ke-79 tahun 2024 ini, yaitu NUSANTARA BARU, INDONESIA MAJU,” papar Abah Kyai Ahmad Fauzi Al-Barbasy, juga Ketua Yayasan Sabilul Jannah Kabupaten Muaro Jambi ini.

Kembali ditegaskan Abah Kyai Ahmad Fauzi kepada semua santri putra/santri putri selama menempuh pendidikan agama di Pondok Pesantren Sabilul Jannah Kabupaten Muaro Jambi, seraya berharap untuk senantiasa tekun belajar dan terus berprestasi. Sehingga menjadi Santri, yang berprestasi dan berkarakter dalam rangka mengisi Kemerdekaan pada puncak peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan Repubik Indonesia 2024 ini

Ditambahkan Kemerdekaan Republik Indonesia yang diraih oleh seluruh rakyat dan bangsa Indonesia bukan hanya milik satu kelompok tertentu atau satu golongan saja. Akan tetapi sudah menjadi milik generasi mendatang, termasuk semua Santri di Pondok Pesantren Sabilul Jannah Kabupaten Muaro Jambi. “Oleh karena itu, kita teruskan semangat perjuangan para Pahlawan, dengan menjadi Santri yang Berprestasi dan Berkarakter,” ujarnya. (Afrizal)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan