Kabarnegeri
Beranda Birokrasi Kabupaten Muaro Jambi Plt. Kepala SDN 54/IX Sungai Gelam Bertekad Tingkatkan Akreditasi Sekolah dan Mutu Peserta Didik

Plt. Kepala SDN 54/IX Sungai Gelam Bertekad Tingkatkan Akreditasi Sekolah dan Mutu Peserta Didik

MUARO JAMBI (KABARNEGERI.NET) – Pelaksana Tugas (Plt) Kepala SD Negeri 54/IX Sungai Gelam, Marwan, S.Pd.SD menyatakan di masa transisi kepemimpinannya sementara ini. Pihak sekolah beserta semua majelis guru sangat membutuhkan dukungan semua orang tua/wali murid dan masyarakat di Desa Sungai Gelam untuk berupaya bagaimana meningkatkan mutu kualitas pendidikan sekolahnya bagi kepentingan peserta didik kedepannya.

Terutama sekali diperlukan dukungan semua pihak dan tanggung jawab seluruh orang tua/wali murid juga seluruh masyarakat yang dekat lingkungan sekolah yang berada dalam wilayah Desa Sungai Gelam, Kecamatan Sungai Gelam khususnya, sebutnya terkait aspek penilaian akreditasi sekolahnya yang diperoleh sekarang ini. Yang mana akreditas untuk SD Negeri 54/IX Sungai Gelam, ungkapnya, hanya mampu memperoleh Akreditasi C selama ini.

Ditambahkan satu hal lagi, yakni terkait dukungan dan tanggung jawab masyarakat untuk memajukan dunia pendidikan sangat diharapkan oleh pihak sekolah, karena menurut Marwan, erat kaitannya tentang bagaimana upaya selanjutnya bagi peningkatan mutu sekolah yang dipimpinnya kedepannya dan saat ini. Sekaligus juga tentang bagaimana upaya peningkatan kualitas pendidikan KBM (Kegiatan Belajar dan Mengajar) kepada semua anak-anak didiknya di dalam kelas maupun di dalam dan di luar lingkungan sekolah.

“Untuk saat ini, yang memang sangat dibutuhkan sekolah, yakni pendirian tempat ibadah (musholla) di dalam lingkungan sekolah kita. Karena sampai sekarang ini, belum ada tempat ibadah,” ujarnya.

SD Negeri 54/IX Sungai Gelam, lokasi sekolahnya berada di lingkungan pusat ibukota Kecamatan Sungai Gelam yaitu, Desa Sungai Gelam (dekat Kantor Kepala Desa Sungai Gelam) sangat diharapkan kedepannya mampu naik kelas menjadi Akreditasi B. Justru malah SD Negeri 54/IX Sungai Gelam, satu-satunya sekarang ini berada jauh ketinggalan dari SD-SD yang lainya. Baik itu SD yang berstatus Negeri maupun SD Swasta lainnya yang berada dalam lingkup Gugus 3 Sungai Gelam. Yang mana kesemua SD-SD itu, katanya, memperoleh Akreditasi B.

“Untuk lingkup Gugus 3 Sungai Gelam. Akreditasi sekolah yang diperoleh SD Negeri 54/IX Sungai Gelam, yakni Akreditasi C. Sementara justru SD-SD yang lainnya di dalam lingkup Gugus 3 Sungai Gelam ini, semuanya sudah memperoleh Akreditasi B. Jadi jauh tertinggal dibandingkan dengan SD-SD yang lainnya. Baik itu SD Negeri (SDN) maupun SD Swasta (SDS) di dalam lingkup Gugus 3 Sungai Gelam, Kecamatan Sungai Gelam saat ini,” jawabnya menjawab media online ini.

Dikatakan Marwan, dia mengaku baru saja menjabat sebagai pimpinan sementara di SD berstatus negeri milik Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Muaro Jambi dalam hal ini SD Negeri 54/IX Sungai Gelam berada dalam lingkup kewenangan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pemerintah Kabupaten Muaro Jambi yang berada dekat lokasi Kantor Kepala Desa Sungai Gelam, Kecamatan Sungai Gelam ini.

Untuk diketahui saja, papar Marwan, ada tujuh SDN/SDS di dalam lingkup Gugus 3 Sungai Gelam saat ini, masing-masing yaitu, SD Negeri 120/IX Tangkit Jaya (Desa Tangkit Baru), SD Negeri 22/IX (Desa Tangkit), SD Negeri 57/IX Desa Tangkit, SD Negeri 54/IX Sungai Gelam (Desa Sungai Gelam), SD Negeri 122/IX Petaling (Desa Sungai Gelam), dan SD Negeri 146/IX Parit (Desa Parit), serta SDS yakni SD IT Aziziah (Desa Tangkit) berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan Aziziah Muaro Jambi.

Disinggung upaya pembenahan peningkatan mutu sekolah dan mutu pendidikan bagi peserta didik kedepannya, kata Marwan-yang juga salah satu guru calon penggerak ini, dirinya beserta semua majelis guru di lingkungan SD Negeri 54/IX Sungai Gelam terus berupaya meningkatkan mutu sekolahnya terutama peningkatan kualitas pendidikan semua anak-anak didiknya.

“Karena tanggung jawab pendidikan itu, juga adalah tanggung jawab masyarakat. Tidak hanya sekolah saja,” pungkasnya.

Dimulai sejak saat sementara ini menjabat sebagai Plt. Kepala SD Negeri 54/IX Sungai Gelam sampai dimulainya tahun ajaran baru yakni tahun pelajaran 2024-2025 mendatang, pihak sekolah lakukan pembenahan di lingkungan internal sekolahnya yang dia pimpin sementara ini.

“Terus menerus kita tingkatkan, dan yang terpenting adalah bagaimana berupaya meningkatkan mutu pendidikan bagi semua peserta didik, baik itu peningkatan kualitas pendidikan anak didik di bidang potensi akademik maupun potensi di bidang ekstrakurikuler sekolah.

“Untuk kegiatan ekstrakurikuler sekolah, sudah ada bulutangkis (badminton) yang diajarkan oleh guru olahraga kepada anak-anak, serta kegiatan disiplin siswa seperti Pramuka, juga kita laksanakan di sekolah,” demikian tuturnya. (Afrizal)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan