Kabarnegeri
Beranda Birokrasi Kabupaten Muaro Jambi Membentuk Karakter Siswa, SMPN 8 Muaro Jambi Lakukan Yasinan Setiap Jum’at Pagi

Membentuk Karakter Siswa, SMPN 8 Muaro Jambi Lakukan Yasinan Setiap Jum’at Pagi

MUARO JAMBI (KABARNEGERI.NET) – Program pembinaan di bidang spiritual Keagamaan kepada seluruh peserta didik yang beragama Islam maupun siswa/siswi beragama non-Islam di dalam lingkungan sekolah rutin dilaksanakan setiap hari Jum’at pada waktu pagi hari. Sebelum memulai Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di dalam kelas, pada pukul 07.00-07.40 WIB, adalah salah satu program komitmen dan konsistensi Kepala SMP Negeri 8 Muaro Jambi, Saiful Asngari, S.Ag, M.Pd, saat pertama kali dia dilantik menjadi kepala sekolah pada 2020 lalu.

“Betul. Pelaksanaan kegiatan di bidang Keagamaan dilakukan setiap hari Jum’at di dalam lingkungan sekolah. Sebagai bagian dari pembentukkan karakter siswa. Kegiatan Yasinan di sekolah kami di lingkungan SMP Negeri 8 Muaro Jambi ini sampai sekarang, yang selalu rutin kami lakukan pada waktu Pagi hari. Sebelum memulai Kegiatan Belajar dan Mengajar (KBM) di dalam kelas, yakni pada pukul 07.00-07.40 WIB. Kegiatan Yasinan ini, kami laksanakan di dalam lingkungan sekolah yakni di halaman sekolah bersama dengan guru-guru dan seluruh peserta didik, yang dilanjutkan dengan materi Tausiah (siar Dakwah) singkat, ceramah agama singkat sebagai materi tambahan yang diberikan kepada siswa,” ungkapnya.

“Setiap hari Jum’at itu. Semua siswa dan siswi yang beragama Islam (wajib) melaksanakan kegiatan Yasinan (membaca Surah Yasin ayat 1-83) pada Pagi hari. Pada pukul 07.00-07.40 WIB. Yang dilaksanakan di halaman sekolah kita ini. Kemudian untuk siswa dan siswi yang beragama non-Islam, yakni siswa/siswi yang beragama Kristen. Mereka melaksanakan ibadahnya di salah satu gedung Pendopo milik sekolah kita disini. Yang didampingi oleh gurunya,” lanjutnya kepada Kabarnegeri belum lama ini.

Menariknya pelaksanaan kegiatan Yasinan, yakni membaca Surah Yasin sebanyak 83 ayat dalam rutinitas yang dilakukan semua anak didiknya yang beragama Islam setiap hari Jum’at di halaman sekolah, papar Saiful Asngari, sebagai bagian pembentukkan karakter siswa yang wajib diikuti oleh seluruh siswa yaitu siswa/siswi Kelas 7, siswa/siswi Kelas 8 dan Kelas 9.

“Semuanya dilakukan oleh siswa. Seluruh siswa, mulai siswa/siswi Kelas 7, siswa/sisiwi Kelas 8 dan Kelas 9, siswa yang melakukannya. Siswalah yang menjadi pembawa acaranya, yang menjadi MC (Master of Ceremony). Sekaligus yang memimpin acaranya, dan juga menariknya sebagai penanggung jawabnya adalah semua siswa tersebut. Kemudian dilanjutkan dengan Tausiah (siar Dakwah) atau ceramah singkat sebagai materi tambahan. Namun tetap para guru yang selalu mendampingi anak-anak. Kadang kala juga selalu didampingi oleh guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) maupun saya sebagai kepala sekolah yang kerap memberikan materi tambahan Tausiah tersebut, dan juga kadang kala juga dilakukan oleh para wakil kepala sekolah yang ada, dan rutin kami lakukan setiap hari Jum’at,” tuturnya.

Ditambahkan sebagai komitmen dan konsistensinya dalam membentuk karakter peserta didik di lingkungan SMP Negeri 8 Muaro Jambi sampai sekarang ini, sebutnya, pihak sekolah juga menggelar acara-acara besar Keagamaan Islam selama satu tahun ajaran berlangsung yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya, diantaranya adalah kegiatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW, dan peringatan Isra Mikraj.

Serta saat memasuki bulan suci Ramadhan, ungkapnya, juga sekolah yang dipimpinnya melaksanakan Program Gerakan Sekolah Mengaji (GSM) selama Ramadhan sesuai instruksi kewenangan kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pemerintah Kabupaten Muaro Jambi ke seluruh sekolah-sekolah dalam lingkup kewenangan Kantor Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Muaro Jambi.

“Selama satu tahun ajaran berlangsung di dalam liungkungan sekolah. Rutin setiap tahunnya, sekolah kami juga melaksanaan acara-acara besar Keagamaan Islam yang melibatkan seluruh guru dan semua peserta didik. Salah satunya adalah kegiatan Maulid Nabi dan Peringatan Isra Mikraj. Dalam rangka puncak peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW. Dalam rangkaian peringatan Maulid Nabi inilah, sekolah kami selalu melaksanakan aneka lomba. Seperti lomba ceramah Maulid, dan lomba Sholawat Nabi. Ya, bisa dibilang selama kegiatan ini, SMP Negeri 8 Muaro Jambi Bersholawat,” ungkap Saiful Asngari. (Afrizal)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan