Kabarnegeri
Beranda Ekonomi Pj. Wali Kota Jambi Buka Kegiatan GPM dan Apel Siaga Pengamanan Pasokan Jelang HBKN

Pj. Wali Kota Jambi Buka Kegiatan GPM dan Apel Siaga Pengamanan Pasokan Jelang HBKN

JAMBI (KABARNEGERI.NET) Dilakukan secara virtual, Penjabat (Pj) Wali Kota Jambi, Sri Purwaningsih menghadiri kegiatan Gerakan Pangan Murah (GPM) serentak secara Nasional, serta Apel Siaga Pengamanan Pasokan dan Harga Pangan Periode Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Jelang Idul Fitri 1445 H. Kegiatan GPM dipusatkan di seputaran Tugu Keris Siginjai, Kota Baru, yang dilaksanakan oleh Dinas Pertanian bekerja sama dengan Bulog Kota Jambi, Senin (01/04/2024) pagi.

Dalam sambutannya Sri mengatakan, kegiatan ini sudah yang kelima kali diselenggarakan oleh Pemkot Jambi selama tahun 2024. “Khusus kali ini, selain bertujuan untuk menjaga Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP), juga menjadi alternatif bagi kelompok tani Kota Jambi dalam memasarkan hasil pertaniannya dengan harga yang lebih terjangkau untuk masyarakat,” ujar Sri.

Sri juga menjelaskan, diselenggarakannya secara nasional kegiatan GPM ini merupakan tugas pemerintah dalam memastikan ketersediaan pasokan pangan di seluruh Indonesia terjaga, keterjangkauan harga juga terjaga di seluruh Indonesia. “Maka terus dilakukan Gerakan Pangan Murah ini. Dan untuk Kota Jambi, kami juga melakukannya di kecamatan-kecamatan,” jelas Sri.

“Selain GPM, pemerintah juga rutin menggelar Operasi Pasar Murah (OPM), pembagian Cadangan Beras Pemerintah (CBP), dan banyak upaya yang kita lakukan untuk mengendalikan inflasi, dan yang jelas menjaga, memastikan pasokan pangan itu tersedia dan harga pangan bisa terkendali di Kota Jambi ini,” lanjut Sri.

Di kesempatan ini, melalui awak media dirinya juga mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak karena telah bekerja keras dalam mengendalikan inflasi Kota Jambi. “Untuk Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) perlu sungguh-sungguh dalam memantau memastikan ketersediaan cukup di seminggu sebelum dan sesudah lebaran,” pungkas Sri.

Pada kesempatan ini, dalam laporan kegiatannya, Kepala Dinas Pertanian, Evridal Asri menyampaikan kegiatan kerja sama dengan Bulog ini juga sekaligus menyalurkan bantuan Cadangan Beras Pemerintah (CBP) kepada keluarga penerima manfaat secara simbolis. “Per Maret ini kita telah menyalurkan bantuan CBP, kali ini secara simbolis untuk masyarakat di wilayah Kelurahan Paal Lima,” ucap Evridal.

Sementara itu, melalui virtual, Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan berpesan kepada seluruh Kepala Daerah untuk tetap waspada dalam penanganan inflasi, khususnya dalam menyambut Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Jelang Idul Fitri 1445 H.

“Walau harga relatif turun, tapi kita tetap waspada dengan adanya peningkatan permintaan menjelang Idul  Fitri 1445 H. Oleh karena itu, para Kepala Daerah perlu kita pastikan distribusi secara merata. Terima kasih terhadap semua pihak yang telah bekerja secara maksimal,” pungkas Zulkifli. (eco)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan