Kabarnegeri
Beranda Birokrasi Kota Jambi Mewakili Pj. Wali Kota Jambi, Sekda A. Ridwan Hadir di APEKSI XVII

Mewakili Pj. Wali Kota Jambi, Sekda A. Ridwan Hadir di APEKSI XVII

JAMBI (KABARNEGERI.NET) Dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo, mewakili Penjabat (Pj) Wali Kota Jambi, Sri Purwaningsih, Sekda Kota Jambi, A. Ridwan menghadiri rangkaian Rakernas Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) XVII di Balikpapan, Kalimantan Timur, Selasa (04/06/2024).

Dihadiri seluruh Wali Kota se-Indonesia, berlokasi di Gedung Balikpapan Sport and Convention Center (BSCC), dalam sambutannya Presiden Jokowi menegaskan agar rencana kota secara detail harus dimiliki setiap kota di Indonesia. Ia menyoroti fakta bahwa pada tahun 2045, diperkirakan 70 persen penduduk Indonesia akan tinggal di perkotaan.

“Sudah sering saya sampaikan bahwa di tahun 2045, 70 persen penduduk kita ini akan ada di perkotaan. Kalau dunia di tahun 2050? 80 persen penduduk dunia akan di perkotaan. Apa yang akan terjadi? Beban kota akan menjadi sangat berat,” ujar Presiden Jokowi.

Menurut Presiden Jokowi, rencana kota yang detail untuk setiap kota di Indonesia penting dilakukan. Hal tersebut agar fenomena seperti di Eropa atau Amerika, dimana kota-kota menjadi mencekam akibat tingginya tingkat pengangguran dan jumlah orang yang menjadi tunawisma, tidak terjadi di Indonesia. “Kita tidak ingin itu terjadi di negara kita Indonesia,” ungkap Presiden Jokowi.

Di kesempatan ini, Presiden Jokowi juga menegaskan bahwa pemerintah ingin menjadikan kota-kota di Indonesia sebagai kota masa depan yang nyaman, layak huni, dan dicintai oleh penduduknya. Mengingat tantangan besar seperti kemacetan sudah mulai dirasakan di beberapa kota besar di Indonesia, seperti Balikpapan, Surabaya, Bandung, dan Medan. Oleh sebab itu, Presiden Jokowi menekankan pentingnya mempersiapkan transportasi massal di setiap kota di Indonesia.

“Kota masa depan bukanlah sekadar kota modern dengan gedung pencakar langit yang tinggi, melainkan kota yang ramah terhadap pejalan kaki, penyandang disabilitas, pesepeda, dan lingkungan. Selain itu, penghijauan kota turut menjadi salah satu fokus utama untuk menciptakan kota yang sejuk dan nyaman. Sekali lagi kota masa depan yang diidamkan adalah kota yang green city, yang smart city, yang creativity city, yang liveable dan lovable,” pungkas Presiden Jokowi.

Sementara itu, Sekda A. Ridwan secara singkat menyampaikan beberapa rangkaian yang ia ikuti dalam rangkaian APEKSI XVII. “Setelah dibuka oleh bapak Presiden RI, beberapa rangkaian yang akan diikuti mewakili ibu Pj adalah bazar dan pameran UMKM (Indonesia City Expo),” singkat Sekda.

Rakernas Apeksi XVII mengusung tema “Kota Sejahtera, Indonesia Maju”. Secara keseluruhan rangkaian  dilangsungkan pada tanggal 01 sampai 06 Juni 2024 yang dilaksanakan di Balikpapan, Kalimantan Timur ini akan digelar beberapa rangkaian kegiatan, sebagai berikut :

  • Hari pertama : Youth City Changers Hari-1.
  • Hari kedua : Youth City Changers Hari-2.
  • Hari ketiga : KMF Kelompok Kerja Perubahan Iklim APEKSI & Gala Dinner dan Peringatan HUT 24 APEKSI.
  • Hari keempat : Rakernas Hari ke-1 & Pembukaan dan Kunjungan Indonesia City Expo 2024 dan Sarasehan Istri Wali Kota, Cooking Class Jetski Sport, ICE Business Forum, City Tour.
  • Hari kelima : Senam Bersama dan Penanaman Pohon, Rakernas Hari ke-2, Indonesia City Expo 2024 dan Karnaval Budaya Nusantara.
  • Hari keenam : Penutupan, Kunjungan IKN dan Indonesia City Expo 2024.

Di kesempatan APEKSI XVII ini, mendampingi Sekda Kota Jambi, TPP PKK Kota Jambi yang juga akan turut mengikuti berbagai rangkaian acara Cooking Class, Jetski Sport dan Sarasehan Istri Wali Kota.

Turut hadir mendampingi Presiden Jokowi dalam acara APEKSI XVII, Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal, Bahlil Lahadalia, Panglima TNI, Jenderal Agus Subiyanto, dan Ketua Dewan Pengurus APEKSI, Eri Cahyadi. (eco)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan