Kabarnegeri
Beranda Agama Gubernur Al Haris Sambut Kepulangan 444 Jemaah Haji Jambi Kloter 27

Gubernur Al Haris Sambut Kepulangan 444 Jemaah Haji Jambi Kloter 27

Gubernur Al Haris Sampaikan Terima Kasih Kepada Petugas Haji Yang Mendampingi

JAMBI (KABARNEGERI.NET) – Gubernur Jambi, Dr. H. Al Haris, S.Sos, MH menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh Panitia Penyelenggara Ibadah Haji atas kerja keras dan pengabdiannya dalam menjalankan tugas pelayanan kepada jemaah haji, mulai dari keberangkatan sampai kembali lagi ke tanah air dengan selamat.

Demikian disampaikan Gubernur Al Haris saat penyambutan kedatangan jemaah haji Kloter BTH 27 Provinsi Jambi, kabupaten Tanjung Jabung Barat dan Kota Jambi dengan jumlah 444 jemaah bertempat di Asrama Haji Jambi, Kota Jambi, Minggu (21/07/2024).

“Marilah kita senantiasa memanjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT atas segala keberkahan dan tuntunan-Nya dalam kehidupan kita, serta atas ridha-Nya kita dapat melaksanakan penyambutan kedatangan jemaah haji Kloter BTH 27 Provinsi Jambi. Semoga kita semua mendapat syafaat beliau di Yaumul Mahsyar kelak, aamiin ya Rabbal ‘allamin,” ucap Gubernur Al Haris.

Gubernur Al Haris menyampaikan, kedatangan jemaah haji Kloter BTH 27 asal Kota Jambi dan Kabupaten Tanjung Jabung Barat tidak hanya dinanti oleh keluarga, tetapi juga oleh kami seluruh masyarakat Provinsi Jambi.” Semoga kesehatan menyertai Bapak dan Ibu sekalian dan menjadi haji yang mabrur, haji yang baik yang diterima oleh Allah SWT. Selesainya pelaksanaan rukun Islam ke-5, perjalanan memenuhi panggilan Allah ke Baitullah, artinya telah menyempurnakan rukun Islam,” ungkap Gubernur Al Haris.

“Alhamdulillah pemberangkatan haji tahun ini bagus dan tertib, kita melihat TV sangat banyak dan padat sangat luar biasa di Mekkah, belum lagi ada jemaah menggunakan paspor lain. Berangkat dengan paspor haji dengan sistem yang benar, maka insya Allah tidak ada masalah dan selamat pulang pergi,” ujar Gubernur Al Haris.

Gubernur Al Haris menyampaikan permohonan maaf kepada jemaah haji Provinsi Jambi, pemerintah dan semua PPIH telah berupaya semaksimal mukin untuk memberikan perlindungan, pelayanan kepada jemaah haji.

“Kami mohon maaf semua petugas sudah bekerja semaksimal mungkin, sudah pasti ada kurangnya, pesawatnya kurang, tepat, makannya agak terlambat dan juga orangnya terbatas untuk melayani jemaah yang banyak. Untuk itu, kami mohon maaf bahwa semuanya memiliki keterbatasan dalam menghadapi beragam macam orang,” ucap Gubernur Al Haris.

“Terima kasih sebesar-besarnya saya sampaikan kepada Petugas Haji Daerah (PHD) dan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) serta petugas lainnya atas dedikasi memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh jemaah haji yang tergabung dalam kloter BTH 27 asal Kota Jambi dan Kabupaten Tanjung Jabung Barat, serta seluruh pemangku kepentingan, pemerintah daerah yang telah bekerja keras agar penyelenggaraan haji dari Provinsi Jambi dapat berjalan lancar dan sukses, dari keberangkatan hingga kedatangan,” lanjut Gubernur Al Haris.

Gubernur Al Haris menyampaikan, kondisi jemaah haji tahun ini sangat luar biasa banyaknya, juga cuaca di Mekkah sangat panas. “Tapi alhamdulillah para petugas kita luar biasa dalam pelayanannya terhadap jemaah haji kita. Untuk yang di Mekkah, kita ucapkan terima kasih kepada Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas yang sangat luar biasa pelayanannya di Mekkah dan Madinah sehingga dalam penyelenggaraan haji ini tertib dan aman, sehingga para jemaah dapat melaksanakan rukun Islam yang ke-5 dengan tertib dan aman. Saya ucapkan terima kasih kepada Menteri Agama RI atas segala upaya yang terbaik bagi pelaksanaan jemaah haji Indonesia. Intinya pemulangan jemaah haji Indonesia cukup baik,” ungkap Gubernur Al Haris.

“Selamat berkumpul kembali bersama keluarga para jemaah haji, mohon maaf atas semua kekurangan kami dalam pelayanan kepada jemaah haji. Semoga kloter haji selanjutnya juga tiba di tanah air dan di Provinsi Jambi dengan selamat, lancar, dan dalam keadaan sehat, aamiin ya Rabbal ‘alamiin,” pungkas Gubernur Al Haris.

Sementara itu, Ketua Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Haji Antara Provinsi Jambi, H. Zoztafia menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Provinsi Jambi dan terima kasih pada Gubernur Jambi Al Haris dan Wakil Gubernur Abdullah Sani beserta seluruh OPD Provinsi Jambi yang telah memfasilitasi pemberangkatan dan pemulangan.

“Tanpa bantuan Pemerintah Provinsi Jambi, kami sulit mengelola pemberangkatan maupun pemulangan. Bapak Gubernur sangat peduli dan terus memantau jemaah haji, menanyakan kondisi jemaah haji kita dan pada puncaknya pada sholat Idul Adha, beliau minta do’akan jemaah haji asal Jambi diberikan kemudahan dan kesehatan dalam melaksanakan ibadah haji,” ucapnya.

“Pemberangkatan haji tahun ini bisa dibilang lebih bagus daripada tahun sebelumnya, pemberangkatan dan pemulangan sesuai dengan jadwal, juga sistem di Mekkah dan Madinah juga sudah diatur dengan baik, jadi semua jemaah bisa mengerjakan ibadahnya dengan sempurna,” sambungnya.

“Jemaah haji pada Kloter 27 ada yang meninggal tiga orang dan satu orang tanazul, proses administrasi bagi yang meninggal sudah disiapkan, juga asuransi sudah diproses, kita tunggu saja nantinya. Selain itu, jemaah haji yang kembali ke Jambi dalam keadaan sehat semua dengan jumlah 444 jemaah,” pungkasnya. (Diskominfo Provinsi Jambi/Sapra Wintani)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan